82 Titik Banjir Tersebar di Singkawang, Masyarakat Diimbau Waspada

Kemudian Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah memiliki 12 titik wilayah rawan banjir.

82 Titik Banjir Tersebar di Singkawang, Masyarakat Diimbau Waspada
IST
BPBD Singkawang bersama Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Singkawang menyusuri Sungai Singkawang, Senin (26/1/2015). Dinas Bina Marga akan membuat masterplan drainase sebagai langkah menyelesaikan persoalan banjir di Singkawang. 

SINGKAWANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang melakukan pemetaan kawasan potensi banjir di Kota Singkawang

Setelah dilakukan validasi data, BPBD Provinsi Kalbar memetakan terdapat 82 titik banjir yang tersebar di Kota Singkawang.

"Titik-titik tersebut tersebar di 26 Kelurahan di lima Kecamatan Kota Singkawang," kata Kepala Pelaksana BPBD Singkawang, Mohammad Syafrudin, Minggu (10/11/2019).

Seusai validasi daerah rawan banjir BPBD Kalbar tersebut, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat memiliki 15 titik rawan banjir. 

Kemudian Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah memiliki 12 titik wilayah rawan banjir. 

Diikuti dengan Kelurahan Melayu, Kelurahan Tengah, Kelurahan Sekip Lama dan Kelurahan Sedau masing-masing memiliki 5 titik daerah rawan banjir.

"Sedangkan di kelurahan lainnya ada yang memiliki 4 atau 2 maupun 1 titik rawan banjir," ungkapnya.

Dengan adanya daerah potensi banjir ini, maka akan memudahkan BPBD Singkawang melakukan monitoring dan penanggulangan jika terjadi banjir.

Viral Kisah Menyentuh Gadis Jepang yang Putuskan Mualaf, Perjuangan Sang Ibu Justru Banjir Pujian

BPBD Sambas Rilis 36 Daerah Rawan Banjir

BPBD Singkawang Imbau Warga Waspada Bencana Tanah Longsor dan Banjir

Kemudian melakukan langkah apa yang akan dilakukan lebih cepat. BPBD Singkawang siap dengan personel dan logistik penangangan banjir jika terjadi, sehingga apabila terjadi bencana maka diharapkan dapat mengeliminir dampak bencana di wilayah tersebut.

"Dengan adanya peta daerah rawan banjir ini diharapkan masyarakat lebih waspada terhadap perubahan cuaca ektrim, misalkan hujan berkepanjangan di wilayah rawan banjir," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved