Pemkab Landak Tingkatkan Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian

Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) gelar Temu Teknis Penyuluh-Penyuluh

Pemkab Landak Tingkatkan Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Temu teknis penyuluh-penyuluh di Menyuke 

Pemkab Landak Tingkatkan Peran Penyuluh Dalam Pembangunan Pertanian

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) gelar Temu Teknis Penyuluh-Penyuluh Pertanian Kabupaten Landak Tahun 2019, di Aula Paroki Darit, Kecamatan Menyuke pada Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) yang mewakili Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa dan dihadiri oleh Camat Menyuke, Forkopicam, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan (BP2K) se-Kabupaten Landak beserta penyuluhnya.

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Kabupaten Landak, Kepala Bidang Penyuluh Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua Perhimpunan penyuluh pertanian Provinsi Kalimantan Barat.

Pemkab Landak Adakan Baksos Operasi Katarak Gratis

Pemkab Landak Pasang Plang Nama Jalan di Seputar Kota Ngabang

Pemkab Landak Sosialisasikan PP Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang Baru

Dalam sambutan Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa yang di sampaikan oleh Sekdis DPPKP Kabupaten Landak Eperapat SP menyampaikan bahwa penyuluh merupakan bagian dari sistem pembangunan pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan yang mempunyai kedudukan strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Melalui kegiatan penyuluhan dikembangkan kemampuan dan kemandirian petani beserta keluarganya agar mampu mengelola usaha taninya secara produktif, efektif dan efisien.

"Sehingga mempunyai daya saing tinggi yang dicirikan dengan tingginya produktivitas mutu dan peran strategis penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian untuk memacu akselerasi pembangunan masyarakat tani yang lebih baik menuju terwujudnya Kabupaten Landak Mandiri, Maju dan Sejahtera," ujar Eperapat saat membacakan sambutan Bupati Landak.

Sekdis DPPKP Kabupaten Landak juga menyampaikan temu teknis penyuluh pertanian ini bukan hanya sekedar pertemuan silahturahmi saja, tetapi untuk mendapatkan informasi tentang program dan perkembangan teknologi pertanian yang berdaya saing serta diharapkan mampu memotivasi penyuluh pertanian untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Landak khususnya Pertanian.

"Mari kita terus tingkatkan produktivitas pertanian daerah kita dan penyuluh pertanian adalah pendamping dan sahabat petani, selalu menjadi pundak bagi para petani dalam menyelesaikan masalah dilapangan, harus tetap menjadi ujung tombak pertanian, harus selalu memastikan ketersediaan dan produksi beras masyarakat, maju mundurnya pertanian di Kabupaten Landak tergantung dari penyuluh itu sendiri, oleh karena itu harus serius dan giat," Ujar Eperapat saat membacakan sambutan Bupati Landak.

Sementara itu, Kasi Penyuluh Pertanian DPPKP Kabupaten Landak Benediktus Beny, S.ST Selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan pertanian bukan hanya di tentukan oleh kondisi sumber daya pertanian.

Akan tetapi juga ditentukan oleh peran penyuluh pertanian yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pengelolaan sumber daya pertanian secara berkelanjutan.

"Untuk meningkatkan peran penyuluh pertanian dalam pembangunan pertanian, perlu adanya sinergitas dan penyamaan persepsi terhadap kegiatan-kegiatan penyuluh," Tutup Beny.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved