Terima Hibah Rumah Tua di Pesisir Kapuas, Edi: Ini Kado Istimewa HUT Kota Pontianak

Bangunan itu akan direstorasi dengan mengembalikan bentuk aslinya beserta material aslinya yakni kayu belian.

Terima Hibah Rumah Tua di Pesisir Kapuas, Edi: Ini Kado Istimewa HUT Kota Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Penandatanganan berita acara serah terima hibah dan penyerahan sertifikat tanah antara ahli Waris Abdurrahman Arif Bersama Wali Kota Pontianak, Senin (4/11/2019) 

Terima Hibah Rumah Tua di Pesisir Kapuas, Edi: Ini Kado Istimewa HUT Kota Pontianak

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama para ahli waris Abdurachman Arief menandatangani berita acara serah terima aset berupa bangunan dan tanah yang ada di pinggir Sungai Kapuas, tepatnya di Gang H Salmah.

Dengan luas tanah 1.428 meter persegi, bangunan itu akan direstorasi dengan mengembalikan bentuk aslinya beserta material aslinya yakni kayu belian.

"Fungsinya nanti sebagai rumah budaya, sebagai destinasi berbagai kegiatan berkaitan dengan budaya. Salah satu titik destinasi baru untuk Kota Pontianak yang bisa diakses lewat darat maupun sungai," ujarnya Senin (4/11/2019).

Baca: Pemkot Pontianak Terima Hibah Rumah Tua

Baca: Anggota DPD RI Asal Kalbar Serah Terima Hibah Tanah untuk Bangun Pesantren dan Tahfidz Quran

Aset yang diserahkan pihak ahli waris kepada Pemkot Pontianak ini akan dikelola sebagai cagar budaya.

Ia menuturka penyerahan hibah oleh ahli waris selaras dengan keinginan dirinya untuk mendata bangunan-bangunan dengan kategori sebagai cagar budaya terutama yang berada di sepanjang Sungai Kapuas.

"Kami akan melakukan restorasi terhadap bangunan rumah itu dengan mengembalikan keasliannya sebagai representasi asal muasal Kota Pontianak," ujarnya.

Edi juga memaparkan keberadaan rumah itu yang nantinya direstorasi sangat menunjang penataan program kota baru melalui pembangunan waterfront-nya karena letaknya di pinggir Sungai Kapuas.

"Ini sebagai kado istimewa bagi Kota Pontianak yang baru saja merayakan ulang tahun ke-248. Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas nama Pemkot Pontianak yang diserahkan oleh ahli waris untuk dikelola Pemkot Pontianak," pungkasnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved