KWT Baras Baru Harap Mocaf Tubikha Segera Kantongi PIRT

Kita sudah melakukan panen bertahap sejak Agustus 2019 lalu. Mocaf juga sudah dikemas. Bahkan, anggota KWT membuat makanan berupa cemilan

KWT Baras Baru Harap Mocaf Tubikha Segera Kantongi PIRT
TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Manager Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Bank Indonesia Kalbar Djoko Juniwarto, Kasi Distribusi dan Harga Pangan Dinas Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar Lilis Silvia, beserta Ketua Kelompok Wanita Tani Baras Baru Yuliana Cory berfoto bersama usai panen raya singkong Mocaf, di Desa Mentonyek Kabupaten Landak, Selasa (29/10/2019). 

KWT Baras Baru Harap Mocaf Tubikha Segera Kantongi PIRT

LANDAK - Kelompok Wanita Tani (KWT) Baras Baru menggelar panen raya singkong khusus untuk pembuatan modified cassava flour (Mocaf), di Desa Mentonyek Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak, Selasa (29/10/2019).

Hadir dalam kegiatan panen raya Manager Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Bank Indonesia Provinsi Kalbar Djoko Juniwarto, Kasi Distribusi dan Harga Pangan Dinas Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar Lilis Silvia, Penyuluh Lapangan Sigit Wibowo.

Baca: Peringatan Hari Anak, Wali Kota Pontianak Ingatkan Bahaya Candu Gadget

Baca: Siswa Al Mumtaz Takjub Lihat Robot di Lab Teknik Untan

Mocaf ini bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) 2018 untuk pemberdayaan perempuan lewat pengembangan komoditas mocaf.

Ketua KWT Baras Baru, Yuliana Cory, mengaku bersyukur singkong Varietas Malang IV yang telah ditanam sejak Oktober 2018 ini telah mulai menunjukkan hasil.

"Kita sudah melakukan panen bertahap sejak Agustus 2019 lalu. Mocaf juga sudah dikemas. Bahkan, anggota KWT membuat makanan berupa cemilan yang sudah dijual di sekitar sini," ujarnya.

Beberapa kali pula, Mocaf Tubikha ini sudah mulai ikut dalam pameran. Satu di antaranya saat peringatan Hari Pangan 2019 lalu di Kabupaten Sambas.

Bukti keseriusan, Anggota KWT Baras Baru juga telah mengajukan untuk mendapatkan no PIRT. Hanya saja, sepertinya mereka harus menunggu agar bisa mengantongi izin tersebut.

PIRT adalah singkatan dari Produk Industri Rumah Tangga. PIRT merupakan izin produksi pangan yang dihasilkan skala industri rumah tangga.

Fungsi dan tujuan dari PIRT adalah sebagai jaminan bagi para konsumennya mengenai produk yang ditawarkan oleh si pelaku industri.

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved