Ditunjuk Langsung CIFOR, Amung Tak Sangka Mewakili KPH Kalbar di Riau

Satu di antara tugas pokoknya adalah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan maupun lahan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SEPTI DWISABRINA
Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya, Amung Hidayat saat menjadi narasumber loka karya di Pekanbaru, Riau, Kamis (24/10/2019). 

Ditunjuk Langsung CIFOR, Amung Tak Sangka Mewakili KPH Kalbar di Riau

KUBU RAYA- Amung Hidayat (50) tidak pernah menyangka ditunjuk langsung oleh lembaga Center for International Forestry Research (CIFOR) menjadi narasumber loka karya di Pekanbaru, Riau mewakili Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Kalimantan Barat (Kalbar).

Di Kalbar sendiri terdapat 17 KPH yang tersebar di Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sambas, Bengkayang, Landak, Sekadau, Sanggau Barat, Sanggau Timur, Sintang Utara, Sintang Selatan,  Melawi, Kapuas Hulu Selatan, Kapuas Hulu Timur, Kapuas Hulu Utara, Ketapang Utara, Ketapang Selatan dan Kayong.

Satu di antara tugas pokoknya adalah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan maupun lahan.

Dari beberapa KPH tersebut, KPH Kubu Raya menjadi satu-satunya perwakilan Kalbar di loka karya  nasional, 24 Oktober 2019 di Hotel Novotel, Pekanbaru.

Baca: 518 KK di Kecamatan Nanga Mahap Terima Bantuan Sosial BPNT

Baca: FOTO: Wisuda Widya Dharma Pontianak ke-30 Tahun Akademik 2018/2019

Meskipun awalnya, ia sama sekali tidak percaya diri, hingga ia mengatakan kepada Pelaksana Tugas Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalbar, Ir. Untad Dharmawan, bahwa staf KPH Kubu Raya saja yang pergi. Namun dengan sigap, Untad meyakinkan Amung agar berangkat me 70wakili KPH Kalbar.

"Saat itu menjadi pembicara di loka karya nasional di Pekanbaru, Riau. Tidak pernah sebelumnya terpikirkan oleh saya, KPH Kubu Raya bisa mewakili KPH di Kalbar. Saya merasa bersyukur," ujarnya saat ditemui Tribun Pontianak.

Pria yang baru menjabat tiga bulan Kepala KPH Kubu Raya ini menuturkan, saat menjadi narasumber di Riau, ia memaparkan materi terkait Model Pencegahan Kebakaran dan Restorasi Gambut Berbasis Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Asap.

"Model-model pencegahan kebakaran hutan dan restorasi gambut di tingkat tapak. Jadi saya lebih banyak berbicara tentang upaya preventif dari KPH," terangnya.

Baca: Eks Pelatih Liga 2 PSIM Aji Santoso Tertarik Latih Persebaya Pasca Ditinggal Mundur Wolfgang Pikal

Tergambar jelas di raut wajahnya, ia merasa bahagia diberikan kepercayaan menjadi narasumber saat itu. Namun, terlepas dari itu semua, ia mengatakan jangan pernah cepat berpuas diri, harus terus memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Kubu Raya.

Halaman
123
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved