TRIBUNWIKI

Posyandu Lansia Sari Tresno Rahayu, Aktif Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Posyandu Lansia menjadi bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk usia yang di anggap tidak produktif lagi

Posyandu Lansia Sari Tresno Rahayu, Aktif Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK/Ni Made Gunarsih
kegiatan pelayanan kesehatan Posyandu Lansia Sari Tresno Rahayu 

Posyandu Lansia Sari Tresno Rahayu, Aktif Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

PONTIANAK - Pos pelayanan Terpadu (Posyandu) Posyandu Lansia menjadi bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama untuk usia yang di anggap tidak produktif lagi.

Setiap wilayah biasanya terdapat Posyandu lansia yang terus berjalan setiap bulan agar masyarakat lanjut usia mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Satu diantara Posyandu Lansia yang cukup aktif adalah Posyandu Lansia Sari Tresno Rahayu yang terletak di RW 07 Kelurahan Ali Anyang, Kecamatan Pontianak Kota.

Baca: Tim Peduli Sesama Bagikan Paket Sembako Kepada Lansia

Posyandu yang berada di bawah naungan Puskesmas Ali Anyang ini secara aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat lansia sejak 2007 lalu.

Kegiatan Posyandu Lansia dilakukan setiap bulan tanggal 27 atau bisa berubah tergantung jatuh pada hari apa, bila akhir minggu maka akan dimundurkan satu hari atau di majukan satu hari.

Posyandu biasanya mulai dibuka pada pagi hari sekitar pukul 08.00 wib sampai sekitar pukul 12.00 wib.

Jumlah lansia yang aktif mengikuti pemeriksaan di Posyandu lansia berkisar 40 sampai 60 orang dari jumlah lansia terdaftar yang mencapai 200 orang.

Baca: FOTO: Rangkaian Acara Peringatan Hari Lansia di Pontianak

Untuk Lansia tertua yang masih aktif mengikuti Posyandu berusia 90 tahun.

Kegiatan pemeriksaan terdiri dari mengontrol tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat, serta kesehatan organ tubuh para lansia yang dilakukan oleh Pihak Puskesmas Ali Anyang.

Untuk petugas pemeriksaan biasa terdiri petugas puskesmas dan relawan yang merupakan warga setempat yang menjadi pengurus Posyandu.

Bertempat di rumah satu diantara warga yang digunakan sebagai posko Posyandu lansia dan tempat menyimpan berbagai saranan dan prasarana dalam pelaksanaan Posyandu.

Baca: Cara Mengurus Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia, Berikut Lengkapnya

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved