Muhammad Pagi Minta Peningkatan Kualitas Pembinaan Kepramukaan

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, Gugus Depan (Gudep) 01.019-01.020 Gadjah Mada-Dara Juanti (Gadda)

Muhammad Pagi Minta Peningkatan Kualitas Pembinaan Kepramukaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Wakil Bupati H Muhammad Pagi hadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, Gugus Depan (Gudep) 01.019-01.020 Gadjah Mada-Dara Juanti (Gadda) yang berpangkalan di SMAN 1 Mempawah Hilir, menggelar Gelar Lomba Pramuka (Gelora), 24-27 Oktober 2019. 
Muhammad Pagi Minta Peningkatan Kualitas Pembinaan Kepramukaan
MEMPAWAH - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, Gugus Depan (Gudep) 01.019-01.020 Gadjah Mada-Dara Juanti (Gadda) yang berpangkalan di SMAN 1 Mempawah Hilir, menggelar Gelar Lomba Pramuka (Gelora), 24-27 Oktober 2019.
Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati H Muhammad Pagi, di Halaman Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Mempawah, Kamis (24/10).

Muhammad Pagi yang juga Wakil Ketua Mabicab Mempawah mengharapkan kegiatan Gelora HUT ke-35 Gudep Gadda dapat mendidik generasi muda menjadi pramuka yang rajin, terampil dan gembira.

"Tak kalah pentingnya, kegiatan ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," ujarnya.

Baca: Muhammad Pagi: Lima Daerah di Mempawah Rawan Abrasi

Baca: BKKBN dan Disdukcapil Disebut Akademis Untan Punya Peran Central Bangun Generasi Berkualitas

Baca: Kwarda Gerakan Pramuka Gelar Perkemahan Wirakarya Daerah Kalimantan Barat dan Hari Pramuka ke 58s

Ia juga mengajak semua pihak terutama anggota pramuka, baik di tingkat cabang, ranting maupun gudep Iebih merapatkan barisan. Dimana menurutnya pramuka dapat menyatukan gerak langkah mempercepat pembentukan karakter kaum muda Indonesia, serta meningkatkan kualitas gudep sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

"Pendidikan kepramukaan merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkembangkan karakter bangsa yang baik. Melalui pendidikan kepramukaan ada proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan ada transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik," lanjutnya.

Ia berpesan agar Gerakan Pramuka terus digalakkan, karena menurutnya ada kecenderungan pramuka kurang diminati pelajar, pemuda dan mahasiswa.

Agar Gerakan Pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kurikuler, ia minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan, serta pembenahan organisasi dan manajemen, khususnya di Mempawah.

"Saya minta kepada para kepala sekolah di Kabupaten Mempawah, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat lanjutan atas turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan Pramuka khususnya di sekolah," pintanya.

Sementara itu ketua Sangga Kerja Gelora HUT ke-35 Gudep Gadda, Denta Aura Kusuma, dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya selama empat hari diikuti 1.160 anggota pramuka dari 5 kabupaten/kota di Kalbar.

"Peserta merupakan utusan dari 13 gudep penggalang dan 17 gudep penegak dan kegiatan ini menjadi wadah pertemuan bagi anggota pramuka penggalang dan penegak se-Kalbar.

Dengan tujuan mempererat persaudaraan, membangun solidaritas dan meningkatkan patriotisme melalui kegiatan kreatif, rekreatif, imajinatif dan produktif yang menitikberatkan pada keterampilan, kepemimpinan, kedisiplinan, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan," pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved