Tingkatkan Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Ini Langkah Dinas Kesehatan Kapuas Hulu

mengisi kekosongan tenaga kesehatan di Puskesmas Pustu dan Polindes yang ada bisa terpenuhi

Tingkatkan Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Ini Langkah Dinas Kesehatan Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Kegiatan Analisis Jabatan (Anjab), dan Analisis Beban Kerja (ABK) Dinas Kesehatan, untuk menghitung kebutuhan jumlah tenaga kesehatan Puskesmas, di Grand Hotel Banana Putussibau, Rabu (23/10/2019). 

Tingkatkan Kebutuhan Tenaga Kesehatan, Ini Langkah Dinas Kesehatan Kapuas Hulu

KAPUAS HULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu terus berupaya menganalisis kebutuhan tenaga kesehatan ditingkat Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Polindes yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Maka dari itu, kami melaksanakan kegiatan Analisis Jabatan (Anjab), dan Analisis Beban Kerja (ABK) Dinas Kesehatan, untuk menghitung kebutuhan jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas seperti Pustu, Polindes,” ujar Kepala Seksi SDM Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Melisa, Rabu (23/10/2019).

Melisa menjelaskan, kalau menggunakan standar Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014 tenaga kesehatan masih kurang, makanya kata dia, untuk menghitungnya harus menggunakan Analisis Beban Kerja.

Baca: SOSOK Nadiem Makarim Suami Franka Franklin Keturunan Minang-Arab yang Jabat Menteri di Usia 35 Tahun

Baca: Dokter Terawan Menteri Kesehatan yang Terkenal dengan Metode Cuci Otak Ternyata Pernah Dipecat IDI

“Kalau untuk kesehatan, Analisis Beban Kerja itu menggunakan aplikasi, kita harus mengumpulkan, berbeda dengan pejabat fungsional struktural, memang sudah ada analisis jabatan sendiri. Khusus jabatan fungsional tertentu ini sudah ada apilkasinya dari Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tenaga kesehatan dari 23 Puskesmas se Kapuas Hulu, ditambah Rumah Sakit Semitau, RSB Badau dan RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau.

“Kita berharap dengan adanya kegaiatan ini, nantinya ada pemerataan penempatan tugas, mengisi kekosongan tenaga kesehatan di Puskesmas Pustu dan Polindes yang ada bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved