HUT Kota Pontianak Ke-248 dan Bulan Inklusi Keuangan Rakyat, Event Tahunan Yang Digelar Bersamaan

Bersamaan dalam rangka bulan inklusi keuangan dan HUT kota Pontianak ke-248, penggelaran event tahunan Pasar Keuangan Rakyat

HUT Kota Pontianak Ke-248 dan Bulan Inklusi Keuangan Rakyat, Event Tahunan Yang Digelar Bersamaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUZAMMILUL ABRORI
Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Barat, Moch. Riezky F. Purnomo, saat menyampaikan kata sambutan, pada pembukaan Event yang dilaksanakan di Pontianak Convention Center (PCC), Rabu (23/10). 

Peringati HUT Kota Pontianak Ke-248 dan Bulan Inklusi Keuangan Rakyat, Event Tahunan Pun Digelar Bersamaan

PONTIANAK - Bersamaan dalam rangka bulan inklusi keuangan dan HUT kota Pontianak ke-248, penggelaran event tahunan Pasar Keuangan Rakyat yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) digabungkan dalam event Pontianak expo, pada Rabu (23/10/2019).

Event yang diadakan di Pontianak Convention Center (PCC) kota Pontianak, OJK mengambil tema "sinergi aksi dalam mewujudkan inklusi keuangan untuk semua dan perlindungan konsumen yang optimal", dengan tagline "Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti".

Dalam pembukaan event tahunan yang diadakan secara bersamaan itu pun, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Barat, Moch. Riezky F. Purnomo menyampaikan dalam kata sambutannya, mengenai kegiatan pasar keuangan rakyat ini merupakan event tahunan dalam rangka bulan inklusi keuangan yang diselenggarakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia selama bulan Oktober dengan tujuan peningkatan inklusi keuangan yang signifikan.

Baca: VIDEO DRONE: Pontianak Berjepin di HUT Kota Pontianak ke 248 Pecahkan Rekor Muri

Baca: Ucapkan Selamat HUT Kota Pontianak ke 248, Alifudin Harap Kota Pontianak Semakin Barokah dan Berjaya

"Mewakili Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, saya mengucapkan Selamat hari jadi ke-248 Kota Pontianak, dan mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Kota Pontianak yang telah memberikan kesempatan untuk menggabungkan event tahunan Pasar Keuangan Rakyat dalam rangka bulan inklusi keuangan dengan event tahunan Pontianak expo yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-248 Kota Pontianak," ungkapnya.

Selanjutnya ia juga menyampaikan, mengenai kebutuhan dalam mendorong masyarakat lebih dekat dengan produk dan layanan keuangan sangatlah besar, bahkan akses masyarakat ke lembaga jasa keuangan dan perkreditan menjadi satu diantara variabel penilaian dalam pembangunan Desa.

"Berdasarkan survei nasional Literasi dan inklusi keuangan tahun 2016, indeks inklusi Provinsi Kalimantan Barat tercatat sebesar 65,45%, masih terdapat gap sebesar 34,55% masyarakat yang belum mengakses layanan jasa keuangan. Hal tersebut terjadi karena banyak faktor, baik karena faktor penyebaran lembaga jasa keuangan formal yang tidak merata, struktur geografis dan persebaran populasi, ketadaan agunan maupun literasi keuangan yang rendah," jelasnya saat menyampaikan kata sambutan.

Oleh karena itu, dikatakannya OJK bersama-sama dengan industri jasa keuangan berkomitmen untuk meningkatkan akses dan literasi inklusi keuangan masyarakat. Komitmen tersebut satu diantaranya diwujudkan dengan menyelenggarakan pasar keuangan rakyat yang melibatkan lima industri jasa keuangan.

"Terdiri dari perbankan, pembiayaan, pergadaian, pasar modal, serta penjaminan kredit, untuk memperkenalkan dan mengkampanyekan produk dan jasa keuangan terutama yang bersifat low cost atau mikro," katanya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved