80 Peserta Sayembara Gagasan Desain IKN Ikut Survei Lapangan di Ibu Kota Baru

Tercatat 80 orang peserta lomba Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

80 Peserta Sayembara Gagasan Desain IKN Ikut Survei Lapangan di Ibu Kota Baru
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penjelasan teknis dan administrastif terkait Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara (IKN) yang dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2019 di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Citizen Reporter
Biro Komunikasi Publik
Kementerian PUPR

80 Peserta Sayembara Gagasan Desain IKN Ikut Survei Lapangan di Ibu Kota Baru

PONTIANAK - Setelah dilaksanakan penjelasan (Aanwijzing) teknis dan administrastif terkait Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara (IKN) yang dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2019 di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tercatat 80 orang peserta lomba Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN mengikuti penjelasan lapangan, Senin (21/10/2019) dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi lapangan pada area yang akan direncanakan atau dirancang.

Kunjungan lapangan tersebut diawali dari Pelabuhan Semayang sebagai titik kumpul peserta dan dilanjutkan perjalanan lewat laut menggunakan kapal menuju Dermaga dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Setelah tiba di Dermaga Tanjung Maridan perjalanan dilanjutkan melalui darat menuju Menara Pandang di Kabupaten Penajam Paser Utara yang berada pada kawasan IKN.

Baca: Infrastruktur Pendukung Konektivitas Ibu Kota Negara Baru

Baca: Jalan Tol Pertama Ibu Kota Negara Baru Ditargetkan Beroperasi Akhir Oktober 2019

Usai melakukan kunjungan lapangan para peserta diberikan kesempatan untuk tanya jawab dengan narasumber Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Nicodemus Daud, Ketua Bidang Penataan Kawasan (Tim Satgas PPI- IKN) Joessair Lubis, Ketua Bidang Infrastruktur Dasar Permukiman (Tim Satgas PPI-IKN) Antonius Budiono, Kasubdit Perencanaan Direktorat Sungai dan Pantai Dirjen SDA (Tim Satgas PPI-IKN) Bambang Heri, Kasubdit Tematik Direktorat Survei dan Pemetaan Kementerian ATR/BPN Suradi dengan moderator Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kaltim.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi menyampaikan pesan singkatnya dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada peserta sayembara.

“Pak Menteri menunggu gagasan dan ide-ide dari para peserta lomba untuk menciptakan IKN yang cerdas, modern dan berwawasan lingkungan," katanya.

Di hadapan para peserta Sayembara, Imam menyampaikan beberapa catatan, yaitu pertama, peserta harus inovatif, dan kreatif walaupun dengan keterbatasan data.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved