Raih Juara 3 Nasional, SDN 9 Sungai Raya Jadi Rujukan Komponen Manajemen Berbasis Sekolah

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, menjadi juara tiga nasional Kategori Sekolah Dasar Negeri Rujukan

Raih Juara 3 Nasional, SDN 9 Sungai Raya Jadi Rujukan Komponen Manajemen Berbasis Sekolah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SEPTI DWISABRINA
Kepala Sekolah SD Negeri 09 Sri Priyantinah Listiyanti 

Raih Juara 3 Nasional, SDN 9 Sungai Raya Jadi Rujukan Komponen Manajemen Berbasis Sekolah

KUBU RAYA - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, menjadi juara tiga nasional Kategori Sekolah Dasar Negeri Rujukan Komponen Manajemen Berbasis Sekolah.

Kepala Sekolah SD Negeri 09 Sri Priyantinah Listiyanti menuturkan,
pihak sekolah diundang untuk mempresentasikan gagasan yang sudah dilaksanakan sekolah terkait. Khususnya berkaitan dengan delapan standar nasional pendidikan (SNP).

"Kami berusaha untuk menjelaskan bahwa best practice yang kami lakukan di sekolah adalah dengan dasar mengembangkan seluruh budaya mutu yang ada di sekolah. Terutama yang ada di manajemen berbasis sekolahnya," ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Baca: Terungkap Asal Sekolah Kasus Bully Siswi Sintang, Dilakukan Siswi Lain yang Juga Kakak Kelas Korban

Baca: Kepala SDN 9 Kederas Harap Mess Layak

Baca: Polsek Sungai Raya Ringkus Pelaku Pencuri Tempat Dupa di Klenteng Kumpai

Listiyanti panggilan akrabnya, tak pernah menyangka semua itu dapat mengantarkan kami sehingga bisa membawa predikat juara tiga nasional yang ini adalah untuk Kubu Raya dan Kalimantan Barat.

Listiyanti mengaku pihaknya tidak pernah bekerja dengan target mendapatkan juara. Menurutnya, apa yang dilakukan sekolah hanyalah demi peningkatan mutu pendidikan.

"Kalau semua sekolah bisa melakukan itu dengan penuh kesadaran dan komitmen, maka yakinlah Kubu Raya akan bisa terdepan dan berkualitas," paparnya.

Selain itu, Listiyanti menjelaskan target budaya mutu merupakan agenda rutin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI setiap tahunnya.

Saat disinggung terkait keberhasilan sekolah yang dipimpinnya. Listiyanti membeberkan semua berawal dari data pokok pendidikan (dapodik) sekolah.

“Dilihat dari dapodiknya. Setelah dapodik dianggap memenuhi persyaratan, akhirnya divisitasi atau kunjungan. Dan kunjungan itu pun kami tidak tahu. Tiba-tiba saja tim dari pusat datang melihat bagaimana kondisi di sekolah ini tanpa ada pemberitahuan lebih dulu,” ungkapnya.

Sebelumnya, SDN 9 Sungai Raya mengikuti Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional digelar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bahkan, harus bersaing lebih kurang 120 kontestan lainnya se-Indonesia dan sukses meraih peringkat tiga nasional.

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved