Ikut Semarakkan HUT Ke 248 Kota Pontianak, PNM Gelar Donor Darah Massal

"Kita ingin membiasakan nasabah dan mitra untuk hidup sehat dengan rutin donor darah," ujar Pimpinan Cabang PNM Kota Pontianak, Puji Santoso.

Ikut Semarakkan HUT Ke 248 Kota Pontianak, PNM Gelar Donor Darah Massal
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Donor darah yang digelar PT.PNM (persero) cabang Pontianak di Aula Kantor Bappeda Kota Pontianak, Selasa (22/10/2019). Ketua UDD PMI kota Pontianak, dr.Sidiq Handanu mengatakan kebutuhan darah untuk kota Pontianak dalam 1 bulan berkisar antara 2000 sampai 2500 kantong darah. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Kemeriahan HUT ke-248 Kota Pontinak terus berlanjut. Giliran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pontianak yang ikut memeriahkannya dengan berbagai kegiatan, termasuk donor darah massal.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini berlangsung di Aula Rohani Muthalib Bappeda Kota Pontianak, Selasa (22/10/2010).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak sekaligus Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pontianak, Sidiq Handanu sangat menyambut baik kegiatan ini. Bagi PMI, kebutuhan akan darah di Kota Pontianak ini sangat mendesak. Pasalanya dalam satu bulan, untuk Kota Pontianak saja harus membutuhkan 2.000 kantong hingga 2.500 kantong darah setiap bulannya.

"Dalam satu tahun jika dikalkulasikan berkisar 25 ribu kantong hingga 30 ribu kantong darah yang dibutuhkan masyarakat Kota Pontianak," ujarnya disela donor darah yang dihadiri ratusan nasabah PNM dari berbagai kalangan.

Sidiq menjelaskan, UDD PMI Kota Pontianak melayani 19 rumah sakit baik yang berada di Kota Pontianak maupun di Kubu Raya. Dirinya bersyukur banyak komunitas dan perkumpulan masyarakat yang secara rutin melakukan kegiatan donor darah guna mencukupkan jumlah kebutuhan kantong darah. Bahkan jika ada kegiatan sosial seperti yang dilakukan PNM ini ia sangat mendukung sekali.

"Yang saya catat sekarang sudah ada 200an kelompok yang sudah bisa melakukan kegiatan donor darah, paling tidak satu kali setahun bahkan ada dua kali hingga tiga kali," ujarnya.

Oleh karena itu, secara rutin pihaknya terus membina kelompok donor darah sukarela tersebut untuk intens menggelar kegiatan donor darah.

"Karena terus terang tanpa adanya kelompok donor darah yang secara aktif menggelar donor darah, maka kebutuhan darah di PMI akan sulit dipenuhi," imbuhnya.

Baca: FOTO: Donor Yang Digelar PT.PNM (persero) Cabang Pontianak di Aula Kantor Bappeda Kota Pontianak

Baca: Perpusnas Gelar Peer Learning Meeting di Kalbar, Tingkatkan Literasi untuk Berbasis Inklusi Sosial

 

Donor darah yang digelar PT.PNM (persero) cabang Pontianak di aula kantor Bappeda kota Pontianak, Selasa (22/10/2019).
Donor darah yang digelar PT.PNM (persero) cabang Pontianak di aula kantor Bappeda kota Pontianak, Selasa (22/10/2019). (TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA)

Pimpinan Cabang PNM Kota Pontianak, Puji Santoso menerangkan, kegiatan donor darah ini sebagai wujud tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sosial dalam rangka ikut memeriahkan HUTke 248 Kota Pontianak. Pihaknya pun menggandeng PMI dalam kegitan sosial ini.

Halaman
123
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved