Wujudkan ASN Profesional, Kabupaten Mempawah Akan Menerapkan E-Kinerja

Bupati Mempawah Hj. Erlina, S.H, M.H membuka kegiatan sosialiasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja

Wujudkan ASN Profesional, Kabupaten Mempawah Akan Menerapkan E-Kinerja
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Bupati Mempawah Hj. Erlina, S.H, M.H membuka kegiatan sosialiasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah Tahun 2019 di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin (21/10). 
Wujudkan ASN Profesional, Kabupaten Mempawah Akan Menerapkan E-Kinerja
 

MEMPAWAH - Bupati Mempawah Hj. Erlina, S.H, M.H membuka kegiatan sosialiasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah Tahun 2019 di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Senin (21/10).

Erlina mengatakan PP No 30 Tahun 2019 merupakan turunan dari Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN yang memiliki tujuan mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang professional, kompeten dan kompetitif sebagai bagian dari Reformaasi Birokrasi.

"Salah satu dari sistem manajemen Kinerja ASN yaitu Penilaian Kinerja yang bertujuan untuk mengukur dan manjamin Obyektivitas pembinaan ASN yang didasarkan pada prestasi dan system karir," ujarnya.

Ia juga menjelaskan pada PP No 30 Tahun 2019 mengatur tentang penilaian kinerja ASN yang terdiri atas penilaian Perilaku Kerja dan Penilaian Kinerja ASN hingga sanksi administratif bahkan pemberhentian.

Baca: Realisasi Tukin Pemkot, Multi Juto Bhatarendro Sebut Bentuk Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai

Baca: Evaluasi Kinerja Pegawai, Ini Ketegasan Kadis PU Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu

Baca: Wabup Effendi: E-Kinerja Berfungsi Untuk Mengukur Kinerja Pegawai

"Tentu melalui ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur dan budaya malu bagi ASN sehingga mendorong kinerja dan disiplin ASN lebih baik lagi. Karena hukuman dan sanksi yang diterapkan lebih berat daripada peraturan sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan penilaian kinerja ASN akan menggunakan Sistem Informasi Kinerja ASN sebagai sarana untuk merencanakan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyajikan, mendokumentasikan data penilaian dan evaluasi kinerja ASN.

"Perbedaan penilaian yang akan dilakukan pada peraturan yang baru adalah ASN akan dipantau pelaksanaan kinerjanya secara Periodek oleh atasan langsungnya," katanya.

Menurutnya untuk membentuk dan menuju Good Goverment faktor yang utama diantaranya pelaksana atau ASN. Maka diakuinya kabupaten Mempawah kedepan akan menerapkan Sistem Manajemen Kinera yang dikenal dengan E-Kinerja.

"E-Kinerja merupakan system kepegawiaan terpadu yang dapat menentukan pengawasan hingga aktifitas ASN. Jadi kedepan hasil kinerja ASN akan berbanding lurus dengan reward yang akan diterima oleh ASN itu sendiri.

"Saya mengharapkan seluruh ASN Kabupaten Mempawah menjadikan peraturan ini sebagai pemicu dan mendorong kemampuan dan kinerja untuk menunjukan eksistensi dalam bekerja dan melayani masyarakat," pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved