Potensi Ecotourism Fishing Tour di Paloh Kabupaten Sambas

Konsep EcoTourism yang sedang digalakkan di Indonesia dapat diimplementasikan di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Potensi Ecotourism Fishing Tour di Paloh Kabupaten Sambas
ISTIMEWA
Edwin Suwantono SM (tengah) 

Penulis : Edwin Suwantono SM, Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Angkatan XLII Tahun 2019

Potensi Ecotourism Fishing Tour di Paloh Kabupaten Sambas

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pulau Kalimantan merupakan salah satu hutan tertua di Dunia dengan estimasi usia sekitar 140 juta tahun [1].

Terutama di Provinsi Kalimantan Barat Indonesia yang diberkahi dengan sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas.

Panjang Sungai Kapuas yang mencapai 1.000 kilometer [2] memiliki kekayaan fauna yang luar biasa terutama di spesies ikan air tawar.

Nilai ekonomis dari spesies ikan air tawar asal Kalimantan Barat pun mampu menembus pasar ekspor.

Seperti halnya ikan toman (Channa micropeltes), ikan kerandang (Channa pleurophthalma), ikan peang (Channa marulioides) adalah spesies-spesies yang seringkali diperdagangkan di pasar internasional sebagai ikan hias.

Tetapi, ikan hias yang mempunyai nilai ekonomis tertinggi di pasar internasional adalah ikan arwana (Scleropages formosus) dikarenakan statusnya yang merupakan spesies ikan yang hampir punah atau Appendix 1 (berdasarkan data www.cites.org).

Baca: PLBN Jasa Sungai Kelik Dibangun Tahun 2020

Baca: Produk Kopi Pontianak Sudah Mampu Bersaing di Tingkat Nasional Lewat Coffee Aming

Tambak ikan arwana pun mulai dibudidayakan dan menjadi hal yang umum di Kalimantan untuk menjaga eksistensi serta populasi ikan arwana.

Menemukan ikan arwana di sungai-sungai alam sudah menjadi hal yang sangat sulit, bahkan bisa dianggap suatu keajaiban untuk bisa melihat ikan arwana secara langsung di alam liar.

Halaman
12
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved