Gubernur Kalbar Sutarmijdi Resmikan Ruang Analisis Data Provinsi Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat meresmikan Ruang Analisis Data (Data Analytic Room) Provinsi Kalimantan Barat

Gubernur Kalbar Sutarmijdi Resmikan Ruang Analisis Data Provinsi Kalbar
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji menyampaikan kata sambutan sekaligus meresmikan Data Analytic Room pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, di lantai 2 kantor Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Senin (21/10/2019). Data Analytic Room ini sebagai media keterbukaan informasi public di lingkungan pemerintah provinsi Kalimantan Barat, di ruangan ini nantinya semua bisa diinformasikan kepada masyarakat, dan pemerintah juga bisa mendapatkan informasi dan laporan dari masyarakat secara langsung.  

Gubernur Kalbar Sutarmidji Resmikan Ruang Analisis Data Provinsi Kalbar

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat meresmikan Ruang Analisis Data (Data Analytic Room) Provinsi Kalimantan Barat, Senin (21/10/2019).

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan sebagaimana diketahui bahwa kebijakan Satu Data Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 telah menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian juga dengan Satu Data Kalimantan Barat yang pencanangannya diawal dengan penandatanganan Deklarasi Bersama Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten dan Kota seKalimantan Barat pada akhir tahun 2018.

Selain itu dilakukan launching portal Open Data Kalbar yang bertepatan dengan Open Data Day Internasional pada tanggal 4 Maret 2019 yang lalu.

Satu Data Kalimantan Barat adalah sebuah inisiatif Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

Baca: FOTO: Gubernur Kalbar Sutarmidji Saat Resmikan Data Analytic Room Pemprov Kalimantan Barat

Baca: Mulyadi Minta Masyarakat Aktif Awasi DPRD

Baca: Berikan Transparansi, Pemprov Resmikan Data Analytic Room

Data pemerintah yang dapat dimanfaatkan tidak hanya sebatas untuk pengambilan kebijakan tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

Ia mengatakan penyediaan data terbuka yang terangkum dalam kebijakan Satu Data Kalimantan Barat, turut mendukung proses perencanaan daerah agar setiap program pembangunan dapat dilaksanakan berdasarkan data yang benar, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan serta dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan.

"Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mendukung terealisasinya Satu Data Kalbar adalah diperlukannya sarana pendukung diantaranya ruang analisis data (Data Analytic Room) sebagaimana yang kita saksikan bersama saat ini yang akan segera diresmikan penggunaannya," ujarnya.

Dengan diresmikannya penggunaan Data Analytic Room ini, kata dia akan berfungsi sebagai sarana penganalisa dan pemantau pembangunan berbasis data diharapkan akan lebih mempercepat dan memudahkan dalam penyediaan data secara visual.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved