Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Progam Jumantik untuk Cegah DBD

Pada program ini masing-masing RT akan bertanggung jawab. Dinas juga akan membentuk kader-kader yang memonitor kegiatan itu.

Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Progam Jumantik untuk Cegah DBD
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan kegiatan Fogging dalam rangka pencegahan DBD 

Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Progam Jumantik untuk Cegah DBD

SINGKAWANG - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang menggalakan program satu rumah satu jumantik atau satu juru pemantau jentik guna mencegah wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita menggalakan satu rumah satu jumantik, dan kita berharap setiap yang memiliki rumah bertanggung jawab atas penampungan air, agar tidak ada jentik-jentik di rumahnya masing-masing rumah," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Djoko Suratmiarto, Jumat (18/10/2019).

Baca: Prediksi Eibar Vs Barca Liga Spanyol, Barcelona Tak Mainkan Ousmane Dembele ! Messi & Luis Suarez ?

Baca: Bea Cukai Entikong Gagalkan Upaya Penyelundupan 440 Ekor Kacer

 
Lebih lanjut Djoko menurutkan bahwa pencegahan jauh lebih murah dan tentunya bisa mendidik masyarakat berprilaku hidup bersih dan sehat.

Pada program ini masing-masing RT akan bertanggung jawab. Dinas juga akan membentuk kader-kader yang memonitor kegiatan itu.

Nantinya para kader setiap sebulan sekali turun ke rumah, atau dua minggu sekali turun ke rumah untuk melakukan pengecekan.

Setelah dicek akan dipasang stiker pada rumah tersebut. "Jika masih ditemukan jentik-jentik, maka akan diberi tanda contreng, dan penilaian itu dilakukan sesama mereka, sehingga mereka akan malu jika masih ditemukan jentik-jentik," jelasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved