Peraturan Pemerintah Nomor 30/2019, Perilaku Kerja PNS Turut Dinilai

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memiliki tiga nilai yang terdiri dari kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

Peraturan Pemerintah Nomor 30/2019, Perilaku Kerja PNS Turut Dinilai
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana Sosialisasi PP No. 30/2019 dan Pengayaan Substansi Rancangan Permen PANRB tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS di Jakarta, Rabu (16/10/2019). 

Peraturan Pemerintah Nomor 30/2019, Perilaku Kerja PNS Turut Dinilai

PONTIANAK - Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memiliki tiga nilai yang terdiri dari kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

Untuk mengatur mengenai kinerja ASN, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Dengan regulasi ini, penilaian tidak hanya dilakukan dari atasan kepada bawahan. Tetapi, bawahan juga menilai kinerja atasannya.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja menerangkan, sistem ini disebut penilaian kinerja 360 derajat.

Baca: Pemerintah Kota Pontianak Launching Sistem Layanan Rujukan Terpadu dan Serahkan Bantuan Sosial 2019

Baca: Ustadz Abdul Somad Ternyata Sudah Sampaikan Isyarat Mundur dari PNS saat Posting Foto Bersama Wapres

Baca: Sahabat Dekat Ustadz Abdul Somad Sampaikan Alasan UAS Mundur dari PNS Dosen UIN Suska Riau

“Penilaian 360 derajat bukan hanya didasarkan pada Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), tetapi juga meliputi perilaku kerja,” ungkap Setiawan dalam acara Sosialisasi PP No. 30/2019 dan Pengayaan Substansi Rancangan Permen PANRB tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS di Jakarta, Rabu (16/10/2019) sesuai rilis tertulis diterima Tribun.

Perilaku PNS dalam bekerja juga dinilai oleh atasan, bawahan, rekan kerja, serta diri sendiri dalam metode survei tertutup.

Aspek perilaku yang dilihat berdasarkan PP ini adalah orientasi pelayanan, kepemimpinan, kerja sama, komitmen, dan inisiatif kerja.

Berdasarkan sistem penilaian perilaku kerja 360 derajat, nilai SKP berbobot 60 persen dan 40 persen berasal dari nilai perilaku.

Namun, bagi instansi yang belum menerapkan sistem penilaian 360 derajat, maka SKP memiliki bobot 70 persen dan perilaku kerja sebesar 30 persen.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved