Hadiri Rakornas TPPO di Kupang, Wabup Hairiah Harap Kinerja GT-TPPP Sambas

Ia berharap kegiatan ini akan mensinergikan pelaksanaan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang secara nasional.

Hadiri Rakornas TPPO di Kupang, Wabup Hairiah Harap Kinerja GT-TPPP Sambas
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah saat menghadiri kegiatan Rakornas TPPO di Kupang. 

Hadiri Rakornas TPPO di Kupang, Wabup Hairiah Harap Kinerja GT-TPPP Sambas

SAMBAS- Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah menghadiri langsung Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aston Kupang Hotel dan Convention Centre Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (15/10/2019).

"Seperti kita ketahui bersama Kabupaten Sambas adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, ini menandakan Sambas rawan kejadian perdagangan orang, tahun ini saja sudah ada empat kasus trafficking yang menimpa wanita Sambas," ujarnya.

Baca: Sekda Kalbar : Stop KDRT dan Hapus TPPO di Kalbar

Baca: Gelar Sosialisasi TPPO, Ini Harapan Gabungan Organisasi Wanita Kapuas Hulu

Untuk diketahui, kegiatan tersebut mengangkat tema "Bersama Kita Berantas TPPO Melalui Peningkatan kapasitas SDM, Pemberdayaan, Partisipasi Masyarakat dan Peningkatan Layanan Publik Di Pusat dan Daerah,".

Dengan hadirnya Hairiah di kegiatan tersebut, ia berharap kegiatan ini akan mensinergikan pelaksanaan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang secara nasional.

"Melalui Peraturan Bupati Sambas Nomor 7 Tahun 2019 tentang perubahan Peraturan Bupati Sambas Nomor 6 Tahun 2017 tentang gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana orang dan rencana aksi daerah pencegahan dan penanganan perdagangan orang Kabupaten Sambas Tahun 2017-2020. Maka diharapkan mampu mencegah maupun menangani tindak pidana perdagangan orang," tutur Hairiah.

Selain itu, Hairiah Rakornas yang dihadiri Ketua Gugus Tugas Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia ini diharapkan dapat masukan yang strategis untuk penajaman arah kebijakan dan sinergitas program

Dan dengan kegiatan PPTPPO dan komitmen gugus tugas PPTPPO mulai dari tingkat Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten sehingga penangangan dan pencegahan tindak pidana perdagangan orang dapat terlaksana.

"Diharapkan tim Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-TPPP) Sambas yang telah terbentuk dapat mengurangi kasus TPPO yang terjadi di Sambas, karena pembagian sub gugus tugas sudah terbagi dengan jelas dengan keanggotaan dari berbagai unsur
seperti unsur OPD, lembaga maupun penegak hukum," tutupnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved