Game Online Terhadap Agresivitas Remaja

Perkembangan teknologi semakin pesat, dan dikehidupan sekarang ini tidak lepas dari jaringan internet

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ema Trisnawati Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura 

Citizen Reporter
Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura
Ema Trisnawati

Game Online Terhadap Agresivitas Remaja

PONTIANAK - Perkembangan teknologi semakin pesat, dan dikehidupan sekarang ini tidak lepas dari jaringan internet yang bahkan menjadi kebutuhan pokok setiap orang.

Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), bahwa dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8% nya sudah terhubung ke internet untuk sepanjang tahun 2019 ini.

Dan yang lebih menarik mayoritas yang mengakses dunia maya adalah masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 19 tahun.

Salah satu kesenangan dari layanan internet ini yang dapat dinikmati adalah permainan daring atau game online, yaitu permainan digital yang dapat dimainkan secara global melalui komputer maupun telepon pintar.

Pemanfaatan teknologi internet pada internet gaming ini merupakan fenomena yang mempengaruhi dunia yang dapat memberikan manfaat sekaligus dampak negatif terutama pada penggunanya.

Baca: Kontribusi Skill dan Teknologi dalam Meningkatkan Produktivitas ASN

Baca: Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kesuksesan Perusahaan Manufaktur

Baca: Soal Peremajaan Karet dan Sawit, Winston: Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Perkembangan permainan daring ini tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer yaitu jaringan komputer yang berbasis paket internet. Tren game online ini tidak hanya memberikan dampak positif namun juga dapat memberikan dampak negatif.

Positifnya adalah dapat merangsang sistem motorik anak dan meningkatkan kecerdasan karena permainan yang diatur untuk mengatur sebuah strategi permainan dan sebagainya.

Namun tidak sedikit pula dampak negatif yang perlu diwaspadai mengingat tidak sedikit game online yang menampilkan adegan kekerasan fisik maupun verbal, dan hal ini tentu dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk perkembangan anak dan remaja serta perilaku mereka.

Halaman
123
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved