Lintas Komunitas, Jurnalis, dan Pegiat Literasi Gelar Seratoes-248 Oktober Moment, Ini Kegiatannya

Juga di dukung 9 media partner. Dari surat kabar lokal maupun nasional. Serta media daring.

Lintas Komunitas, Jurnalis, dan Pegiat Literasi Gelar Seratoes-248 Oktober Moment, Ini Kegiatannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Sejumlah Pegiat Sejarah, Jurnalis, Pegiat Kajian Budaya, Pegiat Literasi, Seniman, Cineas, Fotografi, Mahasiswa, dan unsur lainnya 

Lintas Komunitas, Jurnalis, dan Pegiat Literasi Gelar Seratoes-248 Oktober Moment, Ini Kegiatannya

PONTIANAK - Sejumlah Pegiat Sejarah, Jurnalis, Pegiat Kajian Budaya, Pegiat Literasi, Seniman, Cineas, Fotografi, Mahasiswa, dan unsur lainnya mempersiapkan dan menginisiasi agenda kegiatan 100 tahun terbitnya surat kabar di Kalimantan Barat atau Borneo barat.  

Peringatan 100 tahun Terbitnya Surat Kabar di Kalbar diinisiasi oleh Penulis Pontianak Heritage Ahmad Sofian Dz.

Ahmad Sofian menjelaskan para bulan Oktober juga terdapat momen spesial bagi Pontianak dan Kalbar secara umum. Selain hari jadi kota pontianak, bulan Oktober juga ditandai mulai terbitnya surat kabar di Borneo Barat atau Kalimantan Barat

Tajuk Seratoes -248 Merupakan sebuah nama dari kegiatan bersama, Untuk memperingati dan mengambil makna dari dua moment  penting yang terjadi di bulan Oktober 2019 dan hanya akan terjadi satu kali.

Baca: Jelang Persiapan Pemungutan Suara Pilkades, Alpian : Kotak Suara Terbuat dari Triplek

Baca: ismail: Pemkab Mempawah Terus Upayakan Ciptakan Generasi Cerdas Mandiri dan Terdepan

Yakni 100 tahun surat kabar pertama di Borneo Barat (Kalimantan Barat) serta 248 tahun hari jadi Pontianak.

Informasi dari beberapa sumber, surat kabar pertama di Kalimantan Barat adalah Borneo barat Bergerak yang  diterbit pada 1 oktober 1919, dan hari jadi Pontianak ditetapkan  pada 23 Oktober 1771.     

"Moment 100 tahun surat kabar di kalbar juga bertepatan dengan hari jadi kota Pontianak ke 248 tahun. Kami berupaya mengabungkan dua moment ‘langka’  tersebut," ujarnya.

Berangkat dari itu kemudian mengambil angka-angka 248 sebagai bentuk dan rangkaian kegiatan. Angka 2 untuk 2 kegiatan pameran koran langka dan pameran buku lokal. Angka 4, untuk jumlah venue (tempat), dan angka 8, untuk  bedah buku serta diskusi yang akan di adakan.

Kegiatan yang tidak hanya bernostalgia akan moment-moment itu. Namun juga membawa pesan, untuk bersama-sama kita mengetahui dan tidak lupa akan sejarah penerbitan surat kabar.

Halaman
123
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved