Citizen Reporter

Kontribusi Skill dan Teknologi dalam Meningkatkan Produktivitas ASN

Tanpa didukung keterampilan yang memadai maka teknologi yang dimiliki tersebut hanya sekedar aplikasi yang tidak mempunyai manfaat apapun.

Kontribusi Skill dan Teknologi dalam Meningkatkan Produktivitas ASN
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Magister Manajemen Untan, Joko Dwitanto 

Citizen Reporter
Magister Manajemen Untan, Joko Dwitanto

SINGKAWANG - Saat ini dunia sedang mengalami perubahan yang semakin cepat, perubahan itu terjadi pada semua aspek kehidupan tak terkecuali terjadi pada bidang kerja diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Oleh sebab itu semua orang maupun organisasi berlomba-lomba untuk mempersiapkan diri dan beradaptasi atas perubahan tersebut dengan mengembangkan diri baik secara formal maupun informal.

Perubahan ini akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat dan kompetitif, sehingga bagi orang atau organisasi yang tidak siap menghadapi perubahan ini maka akan tertinggal jauh. 

Hal ini tak terkecuali pada dunia kerja khususnya Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat tempat saya mengabdikan diri, perubahan itu sudah masuk ke “sendi-sendi” di semua bidang dan unit kerja.

Penggunaan teknologi berbasis IT semakin masif, jika boleh menggunakan istilah bisa dikatakan sudah TSM (Terstruktur, Sistematis dan Masif), dimana berbagai perangkat dan teknologi untuk mendukung aktivitas kerja sudah berbasis teknologi, misalnya saja bidang/unit kerja yang berkaitan dengan pelaporan keuangan sudah menggunakan aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker), SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual), SIMAK-BMN, e-MPA dan masih banyak lagi, selain itu pada bidang perencanaan ada aplikasi RKAK/L, SatuDJA, bidang pendidikan menggunakan aplikasi SIMPATIKA, dan lainnya.

Baca: Pegawai Lapas Singkawang Wakili Singbebas Pada Kejurnas Catur di Ambon

Baca: Lantik Pengurus PMK, Ini Pesan Ketua STKIP Melawi

Masing-masing aplikasi itu ”memaksa” ASN yang menanganinya harus paham betul dalam penggunaannya agar berfungsi dan bermanfaat maksimal dalam mendorong produktivitas ASN, maka diperlukan ASN yang memiliki keterampilan dalam memahami dan mengoperasikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Tanpa didukung keterampilan yang memadai maka teknologi yang dimiliki tersebut hanya sekedar aplikasi yang tidak mempunyai manfaat apapun. 

Semestinya semakin tinggi keterampilan kerja seorang ASN maka capaian dan hasil kerja yang dihasilkan juga semakin tinggi dan berkualitas, begitu juga sebaliknya.

Hal ini dapat ditunjukkan dengan seberapa terampilnya ASN tersebut yang ditunjukkan seberapa banyak jumlah pekerjaan selesai dikerjakan, seberapa sering terjadi kesalahan dalam penyelesaian suatu pekerjaan, seberapa cepat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam suatu waktu.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved