Bukan Sekadar Kolektor, Adi Sulistiyanto Juga Hafal Sejarah Pop Rock di Indonesia

Ribuan kaset berderet rapi di rak kayu berukuran 2 x 1 di ruang tamu rumah Adi Sulistiyanto, Jalan Dharmaputra, Blok F.2 Komplek

Bukan Sekadar Kolektor, Adi Sulistiyanto Juga Hafal Sejarah Pop Rock di Indonesia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/AGUS PUJIANTO
Adi Sulistiyanto dengan koleksi 12 ribu kaset pita. 

Bukan Sekadar Kolektor, Adi Sulistiyanto Juga Hafal Sejarah Pop Rock di Indonesia

SINTANG - Ribuan kaset berderet rapi di rak kayu berukuran 2 x 1 di ruang tamu rumah Adi Sulistiyanto, Jalan Dharmaputra, Blok F.2 Komplek BTN Bumi Akcaya Permai.

Posisi deret kaset berurutan, sesuai dengan Grup Band. Sama sekali tak tercampur, apalagi terserak. Sangat tersusun rapi.

Adi, sangat berhati-hati dengan kaset pita yang dikoleksinya selama bertahun-tahun silam, tepatnya sejak ia duduk di bangkus sekolah dasar. Kini, jumlah koleksi kaset pita Adi mencapai 12 ribu.

“Sejarah musik Rock semua ada di sini,” kata Adi Sulistiyanto sembari menunjuk deretan kaset pita lawas legenda Rock Indonesia era 60-an yang tersimpan rapi di rak kayu.

Totalitas Adi sebagai kolektor kaset lawas jangan diragukan. Dia tidak hanya sekadar hobi mengoleksi kaset “jadul”, tapi dia juga hapal sejarah Pop Rock di Indonesia. Tidak percaya ! coba saja berkunjung ke rumahnya dan tanya sejarah peletak dasar Rock and Roal di Indonesia.

Baca: Koleksi Kaset Sejak SD, Ahli Gizi di Sintang Miliki Koleksi Kaset Pita Capai 12 Ribu

Baca: Fantastis, Kaset Game Super Mario Bros Langka Laku Dibeli Rp 1,4 Miliar

Baca: Polsek Serawai Razia Peredaran Kaset VCD Porno

Walaupun dia profoesional sebagai ahli gizi, soal pengetahun musik, tidak boleh diragukan.

“Koes Plus peletak dasar Rock ‘n roll di Indonesia. Sempat dipenjara oleh Bung Karno. Kemudian seumuran Koes Plus ada seorang dara, Rock juga, namanya Dara Puspita. Itu album paling tua. Musiknya juga asli. Ada lagi Apotik Kali Asin (AKA) bentukan Ucok Harahap,” beber Adi.

“Angkatan musik Rock di Indonesia ada semua. Sejarah musik Rock ada di sini. Mulai yang Rock profresif, The Rollies. Genres kekinian, Hardcore ada juga.”

Pria berkacamata dengan rambut panjang melebihi bahu ini mengaku tidak hanya pendengar setia musik Rock, tapi juga mempelajari sejarahnya.

“Kalau mendalami music Rock tidak hanya mendengarkan saja, tapi juga sampai ke dalamnya. Tidak hanya band, tapi juga sejarahnya,” jelasnya.

Penggemar grup musik Hard Rock asal Amerika Serika, Van Halen ini juga orang yang konsisten dalam mengoleksi kaset pita. Semua kaset pita yang dikoleksinya genre musik Pop Rock.

Baik legenda di Indonesia, maupun mancanegara.

Kaset pita Grup Band legendaris seperti Queen, Deep Purple, Roling Stone, Aerosmith dan masih banyak lagi juga terkoleksi rapi di rak kayu.

“Kaset Koes Plus yang ndak mampu saya turuti semuanya, totalnya lebih dari 200 album,” kata Adi.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved