PKM FK Untan Gelar Seminar Bedah Buku, Ini Yang Dibahas

hadir pula Duta Baca Kalbar Resi Jesita S.Kom sebagai narasumber dengan moderator ibu Iit Fitrianingrum,M. Biomed.

PKM FK Untan Gelar Seminar Bedah Buku, Ini Yang Dibahas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NI MADE GUNARSIH
Suasana Seminar dan bedah buku kesehatan berjudul "Aktivitas Fisik dan Kesehatan" dan "Kabut Asap dan Kesehatan" di lantai tiga Fakultas Kedokteran Untan Pontianak, Sabtu (12/10/2019). 

PKM FK Untan Gelar Seminar Bedah Buku, Ini Yang Dibahas

PONTIANAK - Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengadakan seminar dan bedah buku kesehatan berjudul "Aktivitas Fisik dan Kesehatan" dan "Kabut Asap dan Kesehatan" bertempat di lantai tiga Fakultas Kedokteran Untan Pontianak, Sabtu (12/10/2019)pukul 08.30 WIB.

Seminar dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Untan Dr. Aswandi.  Dalam sambutannya  Aswandi menyatakan pentingnya menulis bagi generasi muda, tidak ada alasan untuk tidak menulis karena teknologi mempermudah.

Baca: Grand 1993 Bergaya Land Speeder, Inilah Wujudnya

Baca: VIDEO: Nur Aini Sebut Pernah Menjual Tanaman Hias Mencapai Rp17 Juta

"Anak muda harus bisa menulis, jadikan sebagai kebutuhan baik menulis maupun membaca. Sekarang semua sudah mudah, jangan jadikan alasan untuk tidak menulis. Kita memang mati, tapi jasad kita akan tetap di perpustakaan ketika kita menulis buku" ungkap Aswandi.

Buku yang ditulis oleh dr. Arif Wicaksono, MBiomed dan dr. Willy Handoko, M. Biomed menjelaskan mengenai isi dan latar belakang buku ditulis dengan tujuan memberikan edukasi mengenai aktivitas fisik serta pengaruh kabut asap terhadap kesehatan.

Selain kedua dokter sebagai pemateri dan wakil dekan, hadir pula Duta Baca Kalbar Resi Jesita S.Kom sebagai narasumber dengan moderator ibu Iit Fitrianingrum,M. Biomed.

Dari pemaparan dr Arif Wicaksono tujuan menjadikan siswa sebagai peserta adalah sebagai upaya meningkatkan pemahaman dasar siswa mengenai kesehatan dan lingkungan.

"Kami memilih siswa SMA karena mereka lebih mudah paham dan ini sebagai upaya merangkul dan memberi pemahaman tentang kesehatan lebih baik lagi" ungkapnya.

Juga sebagai upaya lanjutnya membuka pemikiran anak muda yang pasti akan melanjutkan pendidikan ataupun memulai kehidupan sebagai pekerja dan memiliki rumah tangga.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang pengabdian kepada masyarakat, karena kegiatan pemeriksaan gratis sudah dianggap sering maka dibuat inovasi baru dalam bentuk pengabdian.

Dalam seminar bedah buku kesehatan terdapat sesi tanya jawab antar pemateri dengan peserta yang berjumlah 75 orang siswa SMA dan guru pendamping.

Ada pula evaluasi penulisan yang dilakukan oleh bapak Iswandi selaku narasumber mengenai cara penulisan yang baik dan memberi motivasi anak muda (siswa) agar mau menulis dan rajin membaca.

Terdapat pula hadiah yang diberikan pihak PKM berupa tumbler kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber dan pemateri.

Sesi terakhir kegiatan dilakukan dengan mengajak siswa berkeliling melihat lokal kampus dan fasilitas dari fakultas Kedokteran Untan Pontianak.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved