Ali Nasrun: Pemkab Kubu Raya Harus Jamin Kesejahteraan Petani

Pengamat ekonomi Untan, Ali Nasrun mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya harus mampu menjamin kesejahteraan para petani

Ali Nasrun: Pemkab Kubu Raya Harus Jamin Kesejahteraan Petani
TRIBUNFILE/IST
Ali Nasrun Pengamat Ekonomi 

Ali Nasrun: Pemkab Kubu Raya Harus Jamin Kesejahteraan Petani

PONTIANAK - Pengamat ekonomi Untan, Ali Nasrun mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya harus mampu menjamin kesejahteraan para petani.

"Membuat jaringan perdagangan, sehingga harga yang diperoleh dari konsumen itu harus lebih banayak diterima oleh petani bukan hanya perantara-perantaranya saja," ungkapnya saat dihubungi Tribun Pontianak, Sabtu (12/10/2019).

Mengingat sektor pertanian di Kubu Raya sangat kuat dan berkembang menghasilkan berbagai komoditi, termasuk beras.

"Kubu Raya adalah suatu daerah yang mampu melakukan swasembada pangan, ini menunjukkan kemandirian dari daerah tersebut," jelasnya.

Lebih lanjutnya, guna meningkatkan kualitas dari hasil pertanian tersebut. Pemerintah dan pihak-pihak terkait juga harus memperhatikan dari segi produktivitas.

Baca: Ali Nasrun Sarankan Penerapan Program BPNT Gunakan Pangan Lokal Kubu Raya

Baca: Sawit dan Karet Memasuki Masa Peremajaan, Petani Damba Bantuan

"Mulai dari budi dayanya. Termasuk bibit, kemudian cara mengelola lahan dan sebagainya harus lebih ditingkatkan. Secara ekonomi itu sangat menguntungkan," ujarnya.

Selain meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani. Ali juga menyarankan agar pemerintah dapat memperhatikan pasca panen.

"Adanya peningkatan teknologi dan fasilitas agar pasca panen, dari gabah menjadi beras yang berkualitas premiun," terangnya.

Menurutnya, jika hal demikian di dorong oleh Pemkab Kubu Raya. Maka Nilai tambah dari hasil pertanian secara komersial dapat berjalan baik.

Apresiasi tinggi pun diberikan kepada Pemkab beserta masyarakat Kubu Raya telah mampu memproduksi hasil komoditi yang diharapkan dapat di distribusikan tidak hanya secara lokal namun bisa skala nasional.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved