Peluang Ekspor Pertanian Kalbar di Sarawak Terbuka Lebar

Asisten Konsul Fungsi Ekonomi KJRI Kuching, Alexander Legawa mengatakan bahwa Sarawak-Malaysia masih perlu mengimpor komoditas

Peluang Ekspor Pertanian Kalbar di Sarawak Terbuka Lebar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
komoditas pertanian di Kalbar 

Peluang Ekspor Pertanian Kalbar di Sarawak Terbuka Lebar

PONTIANAK - Asisten Konsul Fungsi Ekonomi KJRI Kuching, Alexander Legawa mengatakan bahwa Sarawak-Malaysia masih perlu mengimpor komoditas pertanian guna memenuhi kebutuhan pangannya.

“Sejumlah komoditas pertanian didatangkan dari Kalbar. Ini menjadi peluang ekspor yang semestinya dimanfaatkan oleh para ekpsortir pertanian di provinsi ini,” ujar saat Rapat Koordinasi Pengembangan Wilayah Perbatasan Kalbar Untuk Potensi Ekspor Komoditas Pertanian, Rabu (9/10).

Ia menyebutkan bahwa Malaysia untuk beberapa komoditas pertanian masih defisit, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, sehingga peluang untuk masuk ke pasar mereka besar sekali.

Baca: Kalbar Miliki Komoditas Pertanian yang Potensial untuk Ekspor

Baca: Heronimus Hero Ungkap Kalbar Miliki 400 Komoditas Pertanian

Baca: Sejumlah Komoditas Jadi Potensi Ekspor Pertanian dari Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat menurutnya, memiliki keunggulan dan kemudahan ekspor pertanian ke Sarawak, terutama dari segi infrastruktur.

“Saat ini infrastruktur sudah bagus, jalan sudah bagus, dan sudah ada dryport. Apalagi hampir tidak ada larangan barang dari Indonesia yang masuk ke Malaysia, hanya beberapa komoditas pertanian saja, salah satunya buah mangga,” kata dia.

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved