MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang Resmi Dimulai

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang resmi dibuka Selasa (08/10/2019) malam.

MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang Resmi Dimulai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Nur Imam Satria
Wakil Bupati Ketapang, H. Suprapto bersama Forkopimda lainnya saat menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya MTQ Ke-XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang. 

MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang Resmi Dimulai

KETAPANG – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang resmi dibuka Selasa (08/10/2019) malam.

Acara yang diikuti oleh hampir tiap Kecamatan di Kabupaten Ketapang tersebut akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 8-12 Oktober 2019.

Dan berlangsung di halaman Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.

Pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang dilakukan oleh Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto, yang ditandai dengan membunyikan sirine bersama-sama dengan Komandan Kodim 1203 Ketapang, Kapolres Ketapang, Ketua DPRD Ketapang, Sekda Ketapang, Plt  Asisten  II Setda Ketapang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang.

Sebelum pembukaan dimulai, selaku Ketua Panitia MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang, Edi Junaidi S.Sos, menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya MTQ ke XXVIII Tingkat Kabupaten Ketapang adalah mencari kader- kader yang mampu memahami ilmu-ilmu Al -Quran, khususnya bidang yang dipertandingkan.

Baca: Dewan Minta Kemenag Ketapang Segera Datangkan Stok Buku Nikah

Baca: Buka MTQ ke-28 Kecamatan Pontianak Kota, Edi Sebut MTQ Filterisasi Dampak Negatif Kemajuan Teknologi

Baca: MTQ Tingkat Kecamatan, Camat Sebawi Harap Lahirkan Peserta Terbaik

"Tujuan selanjutanya mempersiapkan keikutsertaan menjadi peserta MTQ XXVIII Tingkat kalbar di Sekadau. Meningkatkan pemahaman penghayatan dan penamalan Al Quran dalam kehidupan dalam kehidupan sehari-hari. Dan meningkatkan pemahamanan kehidupan beragama dalam bernegara dalam negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," terang Edi.

Selanjutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, H.Ikhwan Pohan menegaskan MTQ merupakan agenda tetap dan kultur budaya masyarakat Ketapang. Ditambah lagi, MTQ oleh Pemerintah dilakukan secara berjenjang.

"Insya allah pada tahun 2020 nanti, MTQ Tingkat Propinsi Kalimantan Barat akan dilakukan di Kabupaten Sekadau, dan di tahun yang sama, akan dilaksanakan MTQ Tingkat nasional di Sumatera Barat," paparnya.

Pada acara pembukaan yang digelar di halaman Masjid Agung Al-Ikhlas tersebut, juga dilaksanakan penyerahan piala bergilir MTQ Tingkat Kabupaten Ketapang oleh Wakil Bupati Ketapang kepada Ketua panitia pelaksana.

Dalam kesempatannya, Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto menyebutkan pelaksanaan MTQ memiliki makna yang sangat penting. Disamping bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan ukuwah Islamiyah, juga sekaligus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an.

"Sehingga melalui MTQ ini diharapkan agar Al-Qur'an benar-benar dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat Islam. Sekaligus sebagai landasan spiritual, moral dan etik pembangunan dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera," tandasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved