Demi Beli KWH, Warga Desa Sungai Labi Rela Gadaikan SKT

Warga Desa Sungai Labi, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang rela menggadaikan Surat Keterangan Tanah (SKT) ke CU Keling Kumang

Demi Beli KWH, Warga Desa Sungai Labi Rela Gadaikan SKT
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Seorang warga tampak sedang berdiri rumah panggung di Desa Sungai Labi, Kecamatan Kelam Permai. Dalam beberapa hari kedepan, mimpi warga untuk dapat menikmati penerangan layak akan terwujud.  

Demi Beli KWH, Warga Desa Sungai Labi Rela Gadaikan SKT

SINTANG - Warga Desa Sungai Labi, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang rela menggadaikan Surat Keterangan Tanah (SKT) ke CU Keling Kumang demi membeli KWH supaya dapat menikmati penerangan dari listrik PLN.

Dari 174 kepala keluarga yang tinggal di Desa Sungai Labi, tidak semua warga menggadaikan SKT. Hanya 60 orang saja yang mengajukan pinjaman ke CU Keling Kumang dengan anggunan SKT.

“Ada 60 orang yang mengajukan pinjaman. Tidak semuanya mengajukan pinjaman ke CU KK,” kata Kepala Desa Sungai Labi, Silpanus Ilong, kepada Tribun Pontianak, Kamis (10/10).

Jumlah pinjaman 60 warga ke CU Keling Kumang tidak banyak. Besarannya hanya Rp 4 juta rupiah. Uang itu digunakan untuk membayar KWH.

Baca: Apa Benar Pasang Box Pengaman KwH Bayar Rp 400 Ribu

Baca: AGP Hemat Energi 91.500 Kwh, Earth Hour 2019

Baca: Earth Hour 2019, AGP Hemat Energi  91.500 Kwh

Selama tiga tahun, setiap bulannya warga harus membayar sebesar Rp 132 ribu rupiah.

Menurut Ilong, sudah ada perjanjian antara CU Keling Kumang dan warga soal pinjaman.

“Kita ada komitmen dengan CU, 20 hari setelah pinajamn warga cair harus nyala lampunya. Jadi kerjasama dengan CU untuk bayar KWH. Per kepala keluarga dapat pinjaman 4 juta untuk bayar KWH 3 juta setengah,” ungkapnya.

Jaringan listrik saat ini sudah terpasang di Desa Sungai Labi. Dalam waktu dekat, listrik akan segera menyala di desa yang tak jauh dari kota Kabupaten Sintang ini.  

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved