Bupati Mempawah Wakili Indonesia Pada International Aluminium Symposium di Turki

Mempelajari lebih jelas tentang sistem dan teknologi pengolahan, manajemen juga pemasaran hasil tambang khususnya bauksit dan alumina.

Bupati Mempawah Wakili Indonesia Pada International Aluminium Symposium di Turki
TRIBUNPONTIANAK/Ya' M Nurul Anshory
Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH (kiri) saat berada di Kota Istanbul, Turki mengikuti International Aluminium Symposium 2019, Kamis (10/10/2019) siang. 

Bupati Mempawah Wakili Indonesia Pada International Aluminium Symposium di Turki

MEMPAWAH - Dua mega proyek yang ada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah yakni Pelabuhan Internasional Terminal Kijing dan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) diproyeksikan akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

Terminal Kijing yang sedang dalam pengerjaan oleh PT Wijaya Karya dan SGAR yang juga sebentar lagi dikerjakan oleh PT BAI.

Kendati beluk beroperasi, dua mega proyek tersebut sudah memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Mempawah, dimana banyak masyarakat lokal yang diserap sebagai tenaga kerja di sana.

Baca: Berawal Duta Lingkungan, Cinthia Berhasil Mewakili Indonesia Diajang Miss Eart Internasional

Baca: Tim Taekwondo Kalbar Juara Umum Ketiga Kejuaraan Internasional di Malaysia Mewakili Indonesia

Jika Pemerintah Kabupaten Mempawah tidak mempersiapkan diri terhadap dampak kemajuan ekonomi dari dua mega proyek tersebut maka masyarakat lokal hanya akan menjadi penonton.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH.

Dimana dia mengatakan sudah banyak cara mulai dari program dan kebijakan Pemerintah Daerah sebgaja dibuat guna mendukung pembangunan dua mega proyek tersebut dan mempersiapkan unsur yang paling penting bagi masyarakat yakni Sumber Daya Manusia (SDM).

"Satu hal yang selalu saya katakan kepada semua orang, khususnya masyarakat Kabupaten Mempawah, bahwa saya tidak ingin masyarakat lokal hanya menjadi penonton saja terhadap dua mega proyek yang ada, oleh karena itu kita akan melakukan segala cara agar masyarakat Kabupaten Mempawah bisa menikmati hasilnya, bukan menjadi penonton saja," tuturnya, melalui pesan WhatsApp, Kamis (10/10) siang.

Bupati Erlina mengatakan, hari ini Kamis (10/10/2019) dirinya didampingi Kepala Disperindagnaker Kabupaten Mempawah, Yusri, didampingi oleh Direksi PT. Inlaum sedang berada di Kota Istanbul, Turki untuk mengikuti International Aluminium Symposium 2019.

"Alhamdulillah, Kabupaten Mempawah menjadi salah satu wakil dari Indonesia di International Aluminium Symposium 2019 di Istanbul, Turki, sebagai Kepala Daerah saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menggali ilmu pengetahuan dan inspirasi guna kemajuan daerah yang saya pimpin kedepannya," ujar Bupati Erlina.

Lebih jauh, istri Wakil Gubernur Kalimantan Barat tersebut mengatakan bahwa di negara yang dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan itu dirinya sedang mempelajari lebih jelas tentang sistem dan teknologi pengolahan, manajemen juga pemasaran hasil tambang khususnya bauksit dan alumina yang nantinya akan diolah menjadi aluminium.

"Ini akan menjadi bekal kita nanti sebagai Pemerintah Daerah bersama Inalum dan Antam dalam mengelola Smelter yang akan dibangun di Sungai Kunyit. Masyarakat Kabupaten Mempawah harus bangga karena kita kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan Pemkab Mempawah akan terus berusaha agar hasil SDA kita dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved