Muhammad Pagi: Penting Sekali Dilakukan Sosialisasi Peringatan Dini Potensi Bencana di Mempawah

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan jenis bencana yang terjadi di Mempawah bermacam-macam, dan semua bencana

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, saat membuka sosialisasi penyebarluasan informasi potensi bencana alam di Kabupaten Mempawah, Selasa (8/10) pagi. 

Muhammad Pagi: Penting Sekali Dilakukan Sosialisasi Peringatan Dini Potensi Bencana di Mempawah

MEMPAWAH - Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan jenis bencana yang terjadi di Mempawah bermacam-macam, dan semua bencana itu terjadi secara tiba-tiba.

"Sangat penting untuk dilakukan sosialisasi penyebarluasan informasi potensi bencana alam di Kabupaten Mempawah agar penanganan dini bisa di ambil sesegera mungkin, dan masyarakat segera mengetahui apa yang terjadi," ujarnya, Selaaa (8/10) pagi.

"Tidak hanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saja, ada banjir, kebakaran, longsor, atau angin puting beliung," tambahnya.

Muhammad Pagi menyebutkan, semua bencana tersebut sudah pernah terjadi di Kabupaten Mempawah.

Maka dari itu perlu dilakukan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya bencana di Kabupaten Mempawah.

"Kemarin kita heboh dengan karhutla, nah ini sudah masuk musim hujan sebentar lagi di Desa Pasir akan heboh banjir, nah bagaimana BPBD melakukan langkah antisipasi nya, itu yang menjadi tugas kita bersama," katanya.

Baca: Muhammad Pagi Harap Pelatihan Pengprov PBVSI Kalbar di Mempawah Bisa Tingkatkan Profesionalisme

Baca: Wabup Muhammad Pagi Sarankan Nelayan Terdampak Terminal Kijing Kirim Surat ke Gubernur

Dia mengatakan, badan pengawas yang ada di Pemerintahan seperti BMKG hanya bisa meramal apa yang akan terjadi, tetapi tidak ada kepastian atas semua bencana tersebut kapan dan dimana akan terjadi.

"Semua itu terjadi secara tiba-tiba, tidak ada yang tahu, peran BMKG dan BPBD misalnya hanya bisa meramal dan mencegah, kalau BPBD misalnya sudah terjadi mereka hanya menanggulangi, maka perlu kita tekankan lagi pencegahan seperti apa," tandasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved