FACEBOOK Hapus Ratusan Akun Palsu Asal Indonesia, West Papua Indonesia Masuk Daftar

akun palsu itu juga membelanjakan uang sejumlah 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,2 miliar untuk mengoptimalkan penyebaran kontennya lewat FB Ads

FACEBOOK Hapus Ratusan Akun Palsu Asal Indonesia, West Papua Indonesia Masuk Daftar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/KOLASE TRIBUN PONTIANAK/NET
Satu di antara contoh laman yang dihapus Facebook karena terindikasi terkait dengan tindakan Coordinated inauthentic behavior 

FACEBOOK Hapus Ratusan Akun ''Palsu'' Asal Indonesia, West Papua Indonesia Masuk Daftar

FACEBOOK benar-benar menaruh perhatian ekstra pada upaya memerangi akun palsu dan beragam Pages (halaman) serta grup radikal yang beroperasi di media sosial bentukan Mark Zuckerberg itu. 

Baru-baru ini, Facebook mengumumkan telah menghapus ratusan akun ''palsu'' di berbagai negara.

Akun atau halaman-halaman diduga palsu itu ditutup lantaran Facebook mendeteksinya sebagai akun yang dibuat untuk tindakan ''Coordinated inauthentic behavior''. 

Satu di antara yang cukup menarik di antara laporan itu yakni ada ratusan akun atau pages yang diduga palsu dan berpotensi radikal itu ternyata berasal dari Indonesia.

Coordinated Inauthentic Behavior Berbeda dengan Berita Palsu dan Hoax

Head of Security Facebook, Nathaniel Gleicher, dalam laporannya terkait penghapusan akun-akun diduga palsu itu juga memaparkan bahwa Coordinated Inauthentic Behavior adalah sesuatu yang berbeda dengan berita palsu atau hoax. 

"(Coordinated Inauthentic Behavior) adalah ketika sekelompok halaman atau orang bekerja untuk menyesatkan orang lain tentang siapa mereka atau apa yang mereka lakukan,'" ujarnya, dikutip dari laman newsroomfb, Selasa (08/10/2019)

Lebih lanjut ia menjelaskan, tindakan perilaku tidak otentik yang terkoordinasi itu bukan tentang konten yang disebarkan benar atau tidak. 

tapi tindakan take down atau menutup akun dan halaman tersebut diambil lantaran adanya kecenderungan jaringan tersebut  terindikasi sebagai perilaku menipu.  

Baca: Hina Polisi di Facebook, Warga Pontianak Langsung Dapat Respon Telak dari Petugas

Baca: KEJAM ! Aksi Ibu Siksa Tiga Anak Viral Media Sosial Facebook, Membabi Buta Pukul Anak Pakai Tongkat

Halaman
123
Penulis: Ishak
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved