Edi Kamtono Tegaskan Akan Bangun Waterfront Kapuas Indah-Shanghie, Bangunan Harus Menghadap Sungai

Dalam menata tata ruang kota, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menegaskan telah menginstruksikan seluruh bangunan

Edi Kamtono Tegaskan Akan Bangun Waterfront Kapuas Indah-Shanghie, Bangunan Harus Menghadap Sungai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Suasana di Waterfront Pontianak. Senin (23/9/2019). 

Edi Kamtono Tegaskan Akan Bangun Waterfront Kapuas Indah-Shanghie, Bangunan Harus Menghadap Sungai

PONTIANAK - Dalam menata tata ruang kota, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menegaskan telah menginstruksikan seluruh bangunan yang ada ditepian Sungai Kapuas untuk menghadap sungai.

Menurut Edi, pemberlakuan ini tentunya secara bertahap karena dalam menata kota yang sudah padat penduduknya tidaknya mudah seperti membuat kawasan kota baru.

Sesuai dengan konsep mengembalikan wajah kota dengan Sungai Kapuas, Edi menegaskan seluruh bangunan dan ruko di waterfront harus menghadap sungai.

Ia menjelaskan arahan agar ruko yang ada menghadap Sungai Kapuas sudah dilakukan beberapa tahun terakhir seiring dengan penataan kawasan yang ada.

Pembangun waterfront ataupun promenade diharapkannya mampu mengubah dan memberikan dampak yang baik, namun harus ditunjang dengan dukungan masyarakat setempat, satu diantaranya dengan tidak membelakangi Sungai Kapuas.

Baca: Lurah Himbau Warga Benua Melayu Laut Saling Jaga Lingkungan Waterfront

Baca: VIDEO: Kemeriahan Festival Kampoeng Sungai Kapuas di Waterfront Gang Kamboja

Baca: FOTO: Kapolresta Konferensi Pers Terkait Penanganan Kasus Pengeroyokan di Waterfront Tambelan Sampit

2020 mendatang, Pemkot Pontianak masih melakukan penataan dan pembangunan waterfront sehingga menambah kesan yang menarik bagi Sungai Kapuas.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan pihaknya tahun depan menata segmen yang saat ini belum dibangun, khususnya di bagian arah kota. Sedangkan di bagian Pontianak Timur sudah rampung dan kondisi sudah baik.

"Pemerintah Kota Pontianak kembali mencanangkan pembangunan waterfront untuk segmen Kapuas Indah - Shanghie pada tahun 2020 mendatang," ucap Edi Kamtono saat diwawancarai, Minggu (6/10/2019).

Penataan ditegaskan Edi, termasuklah penataan sekitarnya yaitu ruko dan bangunan yang beridiri pada garis sempadan sungai.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved