VIDEO: Pemkot Pontianak Tetapkan Kawasan Tertib Bangunan Terkait Tata Ruang

Pemkot Pontianak menggelar rapat koordinasi oleh Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kota Pontianak dan Kelompok Kerja

VIDEO: Pemkot Pontianak Tetapkan Kawasan Tertib Bangunan Terkait Tata Ruang

PONTIANAK - Pemkot Pontianak menggelar rapat koordinasi oleh Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kota Pontianak dan Kelompok Kerja Pengendalian dan Pemanfaatan Tata Ruang Kota Pontianak, dipimpin wali kota langsung untuk merumuskan langkah-langkah yang akan diambil dalam menata kembali Pontianak.

Tim terdiri dari kepala OPD dan Kepala Bidang terkait serta Bidang Tata Ruang dan Pengendalian PUPR sebagai leading sektor.

TKPRD dibentuk berdasarkan SK Wali Kota Pontianak, serta amanah dari Permendagri, kemudian amanah dari UU Penataan Ruang nomor 26.

Beberapa tugas dari tim ini adalah mengkoordinasikan perencanaan tata ruang di Kota Pontianak serta pengendalian dan pemanfaatan tata ruang.

Baca: Pemkot Pontianak Evaluasi Kesesuaian Tata Ruang

Baca: Pemkot Pontianak Gelar Rakor Penataan Ruang

Baca: Terus Tingkatkan Waterfront, Pemkot Pontianak akan Data Rumah Tua Bersejarah

"Yang namenye tata ruang atau land use itu dinamis. Jadi Kota Pontianak dalam hal ini tata ruangnya juga dinamis dan mengikuti perkembang," ucap Kabid Tata Ruang dan Pengendalian Dinas PUPR Kota Pontianak, Alfri saat diwawancarai, Rabu (2/10/2019) lalu.

Pemkot Pontianak melalui TKPRD harus mampu menerjemahkan arah kemajuan pembangunan yang ada, berlandaskan aturan yang berlaku.

Beberapa hal yang sudah diinisiasi PUPR sesuai arahan Wali Kota Pontianak, PUPR mementuk tim ahli bangunan gedung, membentuk tim sertifikat layak fungsi (SLF) , kemudian menetapkan program inovasi tata ruang yaitu kawasan tertib bangunan (KTB).

KTB yang pada tahun 2019 telah ditetapkan kawasan Tanjungpura, Gajahmada, Hijas, Siam dan Setiabudi.

Dimana tujuan KTB untuk mewujudkan tata ruang kota uang lebih teratur, tertib dan rapi.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved