Gelar FGD Bahas Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Sanggau

Ia juga menjelaskan terkait rencana tata ruang wilayah untuk Kabupaten Sanggau, pertama sebagai pusat kegiatan wilayah, sistem jaringan transportasi.

Gelar FGD Bahas Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Sanggau
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana FGD dalam rangka membahas pola dan struktur ruang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Sanggau, di Hotel The Garden Palace Sanggau, Rabu (2/10/2019). 

Citizen Reporter
Staf Diskominfo Sanggau
Abang Alfian

Gelar FGD Bahas Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Sanggau

SANGGAU- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membahas pola dan struktur ruang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Sanggau, di Hotel The Garden Palace Sanggau, Rabu (2/10/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut, dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ayu A Asih, Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Sanggau, Rodie Sanen, Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, H Syafriansah, Perwakilan dari OPD dan BPN Kabupaten Sanggau, beserta Kepala Desa/Kelurahan di Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan tersebut, Ayu A Asih dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam penyusunan materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan peraturan zonasi Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar.

Baca: Pemkot Pontianak Evaluasi Kesesuaian Tata Ruang

Baca: Edi Kamtono Tegaskan Tata Ruang Dinamis, Namun Pertahankan RTH

"Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini yakni materi teknis, buku rencana dan fakta analisa, RDTR dan peraturan zonasi, Ranperda RDTR dan peraturan zonasi, peta, album peta, KLHS dan buku kajian lingkungan strategis," katanya.

Ia juga menjelaskan terkait rencana tata ruang wilayah untuk Kabupaten Sanggau, pertama sebagai pusat kegiatan wilayah, sistem jaringan transportasi darat direncanakan oleh kolektor primer adanya ring road.

Rencana jaringan transportasi perkeretaapian untuk jalur lintas timur yakni Pontianak-Ngabang-Sosok-Sanggau-Sekadau-Sintang-Putusibau-Kalimantan Timur (Stasiun kereta api di Sanggau).

Kemudian, Jaringan energi PLTD di Sanggau bersumber dari BBM, Diesel (Rencana SUTT), Sistem jaringan air minum pipa transmisi air baku dan instalasi pengelolaan air minum, Sistem drainase untuk mengantisipasi dan menangani banjir.

Pariwisata alam di Sanggau yakni kawasan Pancur Aji dan wisata rohani dan Riam Macam, Pariwisata budaya rumah betang Dori' Mpulor dan Rumah Melayu.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved