Sosialisasi Tingkat Kabupaten PAMSIMAS III Sintang, Ini Yang Disampaikan

Dalam acara juga dilakukan penyusunan jadwal pendampingan ke desa-desa target dan proses penyusunan proposal bersama masyarakat.

Sosialisasi Tingkat Kabupaten PAMSIMAS III Sintang, Ini Yang Disampaikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MARPINA WULANDARI
Pelaksanaan¬†Sosialisasi Tingkat Kabupaten Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)¬†III Kabupaten Sintang tahun anggaran 2020 di aula Dinas Kesehatan Sintang, Senin (30/9/2019). 

Sosialisasi Tingkat Kabupaten PAMSIMAS III Sintang, Ini Yang Disampaikan

SINTANG -Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang, Zulkarnaen, mewakili Bupati Sintang membuka acara sosialisasi tingkat kabupaten program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) III  Sintang tahun anggaran 2020 di aula Dinas Kesehatan Sintang, Senin (30/9/2019).

Program Pamsimas merupakan visi direktorat Jendral Cipta Karya dan visi pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Sintang guna mewujudkan masyarakat yang sehat dengan pemikiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Diketahui di Sintang, lebih dari separuh masyarakat merupakan rumah tangga bersanitasi. Namun angka pembangunan sarana dan prasarana air bersih belum mencapai 20%.

"Kegiatan ini merupakan upaya bersama memenuhi hak rakyat atas air, tempat tinggal dan lingkungan hidup yang layak, sebagaimana diamanahkan Undang-undang," ujarnya.

Zulkarnaen menyampaikan melalui program Pamsimas ini pemerintah kabupaten Sintang bersama masyarakat bergotong-royong untuk membangun lebih banyak lagi sarana dan prasarana air bersih di Kabupaten Sintang.

Baca: Polres Ketapang Sepakati Komitmen Bersama Jurnalis dan Mahasiswa

Baca: VIDEO: Ribuan Mahasiswa Gelar Demo di Pelantikan DPRD Kalbar

Dengan membangun model penyediaan yang berbasis masyarakat, yang berkelanjutan dan dapat diadaptasi dengan mudah oleh masyarakat.

Kabupaten Sintang merupakan kabupaten yang telah melaksanakan program Pamsimas hingga fase ke III. Fase pertama dimulai pada tahun 2008. Pada fase III, sejak tahun 2016 – 2019 program sudah diimplementasikan di 50 desa. Pada tahun 2020, pelaksanaan program dilakukan di 15 desa. Desa-desa penerima merupakan desa yang sudah ditetapkan oleh perintah daerah sebagai desa stunting.

Sementara itu Ketua panitia penyelenggara, Kusmara menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan pelaksanaan program Pamsimas yang dilakukan di Kabupaten Sintang pada tahun 2020.

Baca: Demo Kantor DPRD, Mahasiswa Bawa Isu Nasional dan Lokal Serta Minta Aparat tidak Represif

Baca: Erdi Abidin: Aksi Mahasiswa Karena Pemerintah dan Wakil Rakyat Tak Dengar Suara Masyarakat

Pada kesempatan ini dilakukan pula proses penjaringan minat dan kebutuhan bantuan program serta jumlah target penerima manfaat program.

“kita ingin dari kegiatan ini akan adanya pernyataan minat dari pemerintah desa untuk mendapatkan bantuan, lalu ada dukungan dari pihak kecamatan setempat serta kita melihat bersama kebutuhan pendampingan dan pembinaan bagi desa sasaran,” paparnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 96 orang dari berbagai elemen, mulai dari para fasilitator Pamsimas, perangkat kecamatan, kades dan dari puskesmas setempat selaku sanitarian.

Dalam acara juga dilakukan penyusunan jadwal pendampingan ke desa-desa target dan proses penyusunan proposal bersama masyarakat.

Turut hadir dalam acara itu, Kaban Perencanaan Pembangunan Daerah, Kartiyus dan Kadis Kesehatan, dr. Harsinto Linoh serta sejumlah perwakilan OPD terkait.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved