IYALE Kalbar, Komunitas Pemuda Untuk Masyarakat

Kalimantan Barat tentu saja memiliki ragam budaya dan suku bangsa yang beranekaragam. Seperti sebuah komunitas kepemudaan

IYALE Kalbar, Komunitas Pemuda Untuk Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Foto Volunter IYALE Kalbar bersama siswa saat melakukan Program Unggulan Ekspedisi Khatulistiwa di Dusun Sungai Raja Desa Tengui Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, pada tanggal 21 hingga 30 April 2019 lalu. 

IYALE Kalbar, Komunitas Pemuda Untuk Masyarakat

PONTIANAK - Kalimantan Barat tentu saja memiliki ragam budaya dan suku bangsa yang beranekaragam. Seperti sebuah komunitas kepemudaan, Kalbar memiliki beragam komunitas yang pemuda yang aktif dan berinovasi.

Satu diantara komunitas tersebut ialah IYALE Kalbar (Indonesian Youth And Leader Empowerment). IYALE merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan dengan tujuan untuk membentuk pemuda-pemudi Indonesia yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas diri sebagai pemimpin di masa depan demi Indonesia yang sejahtera dan bahagia.

Saat ditemui Tribun Pontianak, Ketua IYALE Kalbar Syarif Fahmi mengatakan pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya.

Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan.

Baca: Komunitas Lindungi Hutan Landak Siap Kerjasama dengan Dinas LH

Baca: Komunitas Naturaworld Meriahkan Jalan Sehat Tribun Pontianak

Baca: Satu Wadah, Komunitas Sepeda BBFC Pelopor Kamtibmas Bagi Masyarakat

Dalam mengembangkan IYALE Kalbar, ia mengutarakan visi yang tersirat dalam komunitas tersebut. Seperti mengembangkan peran kepemudaan dalam membentuk karakter yang berjiwa nasionalis serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan ke-Bhinekaan.

Dikatakannya, generasi muda, sebagai penerus tonggak kepemimpinan bangsa ini, sebagai kaum intelektual, agent of change, dan agent of social control, maka dari itu IYALE hadir di Kalbar untuk melanjutkan visi yang baik demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang baik.

"Organisasi kepemudaan ini bukan hanya untuk mahasiswa, namun organisasi ini terbuka bagi umum seperti mendongkrak adanya perubahan yang baik untuk menciptakan sebuah peran yang baik lagi bagi masyarakat," tuturnya.

Selain Syarif, hadir juga Kristina sebagai Kepala Program IYALE Kalbar. Ia mengutarakan banyak kegiatan positif yang bisa dibagikan untuk masyarakat. Sehingga komunitas IYALE sendiri bisa berguna untuk mengedukasi dengan kegiatan yang positif.

"Hadirnya IYALE adalah untuk menjaga moral, kejujuran, aspek sosial serta tetap berpedoman pada Pancasila," sambung Kristina. Lanjutnya, setelah kita mampu memimpin diri sendiri, kemudian memimpin organisasi sekitar, serta memiliki wawasan dan prestasi yang membanggakan, ini akan menjadi jaminan terbesar bagi masyarakat untuk percaya kepada generasi muda.

IYALE Kalbar juga terbentuk pada 8 Oktober 2018. IYALE sendiri mempunyai organisasi pusat yang ada di Kota Tangerang dan dikembangkan di 21 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Pastinya masyarakat akan menaruh harapan besar kepada generasi muda untuk mampu melanjutkan tonggak kepemimpinan, dan memimpin bangsa ini menuju cita-cita perjuangan dan proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka kami siap untuk mewujudkan impian tersebut di Kalimantan Barat," pungkasnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved