Hari Ini Anggota DPRD Kapuas Hulu Dilantik, Ini Harapan HMI

Aktivitas HMI Kabupaten Kapuas Hulu Rahmat Hidayat berharap, Anggota DPRD Kapuas Hulu periode 2019-2024 bisa bekerja secara profesional

Hari Ini Anggota DPRD Kapuas Hulu Dilantik, Ini Harapan HMI
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Aktivitas HMI Kabupaten Kapuas Hulu Rahmat Hidayat 

Hari Ini Anggota DPRD Kapuas Hulu Dilantik, Ini Harapan HMI

KAPUAS HULU - Aktivitas HMI Kabupaten Kapuas Hulu Rahmat Hidayat berharap, Anggota DPRD Kapuas Hulu periode 2019-2024 bisa bekerja secara profesional, produktif dan aspiratif dalam mengakomodir kepentingan masyarakat disetiap dapil masing-masing.

"Tiap-tiap Anggota DPRD sebagai perwakilan rakyat daerah, dan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah diharapkan memahami dan menjalankan fungsi legislasinya," ujar Rahmat kepada wartawan, Rabu (25/9/2019).

Rahmat menjelaskan, tugas dan fungsi yang harus dipahami Anggota DPRD seperti pembentukan Perda, anggaran (pembahasan, persetujuan dan menetapkan APBD), dan pengawasan.

"Bentuk pengawasan terhadap pelaksaan undang-undang, peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah, peraturan daerah, peraturan kepala daerah, keputusan kepala daerah dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah," ucapnya.

Baca: Cuaca Terkini di Kapuas Hulu, Malam dan Dini Hari Berpotensi Hujan

Baca: Besok Caleg Terpilih Dilantik Anggota DPRD Kapuas Hulu

Baca: Polusi Asap di Kapuas Hulu Sudah Mulai Hilang

Dalam hal ini Rahmat berharap, agar para legislator di Kapuas Hulu ini bisa memperhatikan kelompok muda (usia 20-39 tahun) sebanyak 89.519 jiwa atau 34,29 persen, dengan kebijakan-kebijakan yang memberikan ruang untuk pengembangan kreativitas, potensi dan pembangunan SDM di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Juga masalah angka kemiskinan dengan persentase 9,60 persen, kemudian masalah sosial lainnya untuk memperhatikan jumlah penyandang disabilitas yang ada di Kapuas Hulu," ujarnya.

Selain itu juga kata Rahmat, Anggota DPRD harus menjadi mitra kerja pemerintah daerah (eksekutif) secara sinergis transparan dalam menetapkan.

"Harus menggunakan dan mempertanggungjawabkan APBD kabupaten kapuas hulu disetiap tahunnya," ungkapnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved