Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Sekadau 2019, Ini Harapan Bupati Rupinus

Berhati-hati mengelola keuangan sekolah agar terhindar dari masalah hukum.

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Sekadau 2019, Ini Harapan Bupati Rupinus
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
BUPATI Sekadau Rupinus, 

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Sekadau 2019, Ini Harapan Bupati Rupinus

SEKADAU - Bupati Sekadau Rupinus,SH, M. Si membuka secara resmi Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kabupaten Sekadau tahun 2019 di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2019).

 Bupati Sekadau, Rupinus meminta kepala sekolah untuk selalu mampu melakukan inovasi-inovasi disegala bidang khususnya dibidang pendidikan. 

"Mengingat Indek Prestasi Manusia (IPM)  Kabupaten Sekadau masih rendah untuk itu diperlukan kerja keras menggunakan daya upaya dengan mempedomani peraturan peraturan yang ada. Saya berharap kepada kepala sekolah setelah mengikuti diklat ini agar mampu meneruskan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh narasumber dalam upaya kita memajukan kualitas penyelenggaraan pengelolaan sekolah-sekolah yang ada di kabupaten sekadau," ujar Rupinus. 

Baca: Bupati Sekadau Rupinus Resmikan Vihara Dharma Suci Sungai Ayak

Baca: Buka Diklatsar GP Ansor Sanggau, Ini Pesan Bupati Paolus Hadi

Ia juga mengingatkan para kepala sekolah agar berhati hati dalam mengelola keuangan sekolah, jangan sampai ada indikasi bahkan perbuatan korupsi. 

"Berhati-hati mengelola keuangan sekolah agar terhindar dari masalah hukum. Bos dikelola sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan. Saya minta Kepala dinas pendidikan tolong disampaikan masalah pengelolaan keuangan sekolah sampai kepada tingkat bawah terkait masalah ini. Hati hati jangan ada pungli di sekolah, kita saling mengingatkan. Saya tidak mau ada pejabat, kepala sekolah, kepala desa tersangkut masalah hukum, tapi kalau sudah diingatkan dan tidak dilaksanakan itu resiko sendiri," tambah Rupinus.

Baca: VIDEO: Aksi Tolak RUU Kontroversial di Pontianak Punguti Sampah Sebelum Pulang

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau Losianus,S.Pd, M. Si mengatakan tujuan umum diklat kepala sekolah untuk memperdalam kemampuan kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola satuan pendidikan serta memiliki performa sebagai kepala sekolah bagi seluruh siswa. 

"Pelaksanaan diklat kepala sekolah akan berlangsung selama sepekan yakni sejak 24 - 30 September 2019. Adapun jumlah peserta diklat lanjut Losianus berjumlah 99 orang terdiri dari kepala TK 2 orang, Kepala SD 73 orang, kepala SMP 24 orang," ujarnya

Ia berharap melalui kegiatan ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi peserta dan tentunya ia berharap peserta juga dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

"Hasil yang diharapkan tentunya meningkatnya kompetensi kepala sekolah sesuai tuntutan beban kerja kepala sekolah sebagai mana diatur dalam PP nomor 19 tahun 2017," katanya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pengembangan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat Asep Sukmayadi, S.IP, M,Si mengatakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dilakukan secara kontinyu dan terpadu. 

"Ini merupakan rapot bagaimana kita meningkatkan mutu pendidikan. Ini awal kerjasama yang baik yang terus kita lakukan secara terus menurus untuk meningkatkan standar mutu pendidikan," ujarnya.

Menurutnya hal yang paling penting untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah membangun sekolah kreatif. Mengelola program dan sumber daya yang ada disekolah dan memahami eksistensi sosial di tengah masyarakat. 

"Meningkatkan pelayanan untuk peserta didik dan peran pengajar bisa menjalankan tugas dengan sepenuh hati dan penuh pengharapan dalam melayani anak didik," pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved