Bupati Lauching Desa Bersinar di Kecamatan Simpang Hulu

Pemerintah Kabupaten Ketapang akan memprogram desa bersinar kepada 253 desa dan 9 Kelurahan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Bupati Lauching Desa Bersinar di Kecamatan Simpang Hulu
TRIBUN PONTIANAK/NUR IMAM SATRIA
Bupati Martin Rantan, meletakan cor semen pondasi pertama tiang solar cell program desa bersinar di Dusun Botong, Desa Kualan Hulu, Kecamatan Simpang Hulu. 

Bupati Lauching Desa Bersinar di Kecamatan Simpang Hulu

KETAPANG - Pemerintah Kabupaten Ketapang akan memprogram desa bersinar kepada 253 desa dan 9 Kelurahan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Pelaksanaan program desa bersinar yakni pemasangan lampu penerangan jalan bertenaga surya di titik-titik kumpul masyarakat desa.

Launching pertama program Desa Bersinar dilakukan Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama OPD di lokasi di Dusun Botong, Desa Kualan Hulu, Kecamatan Simpanghulu, yang mana jarak tempuh wilayah tersebut sangat sulit berada diperbatasan dengan Kabupaten Sekadau.

Baca: Kabupaten Mempawah Ajukan 16 Desa Berstatus Mandiri ke Provinsi

Baca: Pemkab Kubu Raya Fokus Program Desa Bersinar

Setelah dilakukan launching‎ oleh Bupati pada Minggu (22/09/2019) malam, dilanjutkan dengan penacapan tiang pertama Senin (23/09) di titik kumpul warga.

Kemudian Bupati melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi pemasangan lampu solar cell sebanyak 4 titik di Desa Kualan Hulu. ‎

Karena wilayah Desa Kualan Hulu yang jaraknya cukup jauh dengan medan berbukit sehingga sangat sulit dijangkau, dan menurut laporan kepala desa dan Camat Simpang Hulu baru dijaman Bupati Martin Rantan inilah ada kepala daerah yang berkunjung sampai ke wilayah tersebut.

Namun kendati demikian Martin Rantan mengatakan, meski dirinya selaku kepala daerah dan perangkatnya yang baru pertama kali berkunjung dirinya merasa hal yang biasa saja, meskipun masyarakat setempat menganggap kedatangannya hal yang luar biasa.

“Karena memang sejak saya menjadi Bupati sudah puluhan kali datang ke desa-desa yang menempuh perjalanan sulit seperti ini. Karena panggilan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala daerah bahwa tugas kami membangun Kabupaten Ketapang baik di pedalaman maupun di pesisir,” kata Martin.‎

Menurutnya kalau di pesisir tidak ada lagi listrik yang belum masuk, apa lagi program Presiden Jokowi pada tahun 2019 ini, 80persen seluruh desa harus teraliri listrik.‎

Halaman
12
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved