Gusti Ramlana Paparkan Alasan Kenapa Pelabuhan Kijing Sangat Dibutuhkan di Kalbar

Sebagai penggagas, Gusti Ramlana dan Ria Norsan tentu sudah memikirkan secara matang dampak dari dua mega proyek tersebut.

Gusti Ramlana Paparkan Alasan Kenapa Pelabuhan Kijing Sangat Dibutuhkan di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/Ya'M Nurul Anshory
Mantan Bupati Mempawah, Gusti Ramlana saat diwawancarai awak media di Galaherang, Kamis (19/9/2019). 

Gusti Ramlana Paparkan Alasan Kenapa Pelabuhan Kijing Sangat Dibutuhkan di Kalbar

MEMPAWAH -Dengan adanya dua mega proyek di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, yakni pembangunan Pelabuhan Internasional Terminal Kijing dan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) maka diprakirakan ekonomi masyarakat akan menanjak.

Sampai detik ini, Terminal Kijing masih dalam proses pengerjaan dan sudah 23 persen rampung, sedangkan SGAR akan segera dikerjakan. Pemerintah daerah juga sudah mendukung penuh dua mega proyek tersebut beroperasi di Kabupaten Mempawah nantinya.

Mantan Bupati Mempawah, Gusti Ramlana yang juga mantan Wakil Bupati Mempawah pada masa pemerintahan Ria Norsan sebagai Bupati Mempawah, menyebutkan bahwa dirinya merupakan salah satu "aktor" yang menggagas penempatan dua mega proyek tersebut di Kabupaten Mempawah.

Baca: VIDEO: Terkait Progres Pengerjaan Terminal Kijing, Ini Penjelasan GM PT Pelindo II Cabang Pontianak

Baca: VIDEO: Pembangunan Terminal Kijing Dukung Wujudkan Tol Laut

Sebagai penggagas, Gusti Ramlana dan Ria Norsan tentu sudah memikirkan secara matang dampak dari dua mega proyek tersebut.

Kemudian, sejalan dengan proses pembangunannya hingga saat ini, Terminal Kijing banyak dihalangi oleh isu sosial masyarakat, terutama warga Kecamatan Sungai Kunyit yang terimbas pembangunan Pelabuhan Internasional tersebut.

Salah satunya adalah perkara ganti rugi baik itu di darat maupun di laut.

Ramlana mengatakan, biar bagaimanapun Pelabuhan Internasional tersebut harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Mempawah.

Sebab banyak aspek  yang menjadi alasan kuat kenapa Pulau Kalimantan membutuhkan Terminal Kijing.

Ada banyak alasan kenapa Pelabuhan Internasional Terminal Kijing ini sangat diperlukan, pertama kata Ramlana, Kabupaten Mempawah yang dulunya adalah Kabupaten Pontianak luasnya lebih dari 17 ribu kilometer, sekarang sudah mengalami dua kali pemekaran, yakni Kabupaten Landak dan Kubu Raya.

Halaman
123
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved