Jadi Peserta JKN KIS, Asni: Olahraga dan Hidup Sehat Adalah Kunci Kebahagiaan Saya

Untuk itu, masyarakat perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Penulis: Marpina Sindika Wulandari | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Asniwati, Peserta PBPU 

Jadi Peserta JKN KIS, Asni: Olahraga dan Hidup Sehat Adalah Kunci Kebahagiaan Saya

SINTANG - Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL).

Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, masyarakat perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Asniwati (35) adalah ibu rumah tangga yang beralamatkan Jl. S. Parman Kabupaten Sintang ini adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan kategori keluarga Peserta Penerima Upah (PPU) dengan hak perawatan kelas 2 sejak 3 tahun lalu.

Menurut pengakuan Asni biasa disapa pada saat ditemui, bahwa dirinya memiliki riwayat kolesterol dan dahulu sering melakukan check up di Fasilitas Kesehatan.

Baca: FKM Dorong Pemkot Singkawang Selesaikan Kendala Keuangan Penerima Bantuan Iuran JKN KIS

Baca: Kasus Bullying Seperti Audrey Hebohkan Warga, Pelaku dan Korban Sama-sama Bawah Umur

Namun saat ini dirinya telah rutin melakukan olah raga sehingga membantu nya dalam menstabilkan kadar kolesterol.

“Kemarin-kemarin saya selalu rutin setiap bulan melakukan check up kolesterol di puskesmas dekat rumah. Senang sih bisa mendapatkan jaminan biaya pengobatan dan pelayanan yang baik dari program JKN, tapi sejujurnya saya capek menjalaninya. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan aktifitas olah raga dan maraton setiap pagi. Dalam sebulan hasil yang saya rasakan yaitu kolesterol saya jadi terkontrol dan tidak kambuh lagi. Sungguh sehat jika kita mau berolah raga.” jelas Asni

rutin berolah raga adalah kegiatan yang tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi bugar, namun juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

“Ayo buat Bapak Ibu diluar sana, lakukan seperti yang saya lakukan. Umur bukan penghalang bagi kita untuk bisa tetap sehat asalkan mau berolah raga secara rutin disamping makan-makanan yang sehat dan teratur. Sebagai peserta BPJS kita juga harus tetap sehat.” tutup Asniwati

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved