Citizen Reporter

Himasta Gelar Kompetisi Statistika Antar Pelajar SMA se-Kota Pontianak

Himpunan mahasiswa statistika (Himasta) gelar Pestana 2019 yaitu Statistic Competition (Stacom) pada tanggal 21 September 2019.

Himasta Gelar Kompetisi Statistika Antar Pelajar SMA se-Kota Pontianak
TRIBUNFILE/IST
Himpunan mahasiswa statistika (Himasta) telah melaksanakan kegiatan kedua dari dari rangkaian kegiatan Pestana 2019 yaitu Statistic Competition (Stacom) pada tanggal 21 September 2019. 

Himasta Gelar Kompetisi Statistika Antar Pelajar SMA se-Kota Pontianak

Citizen Reporter I  Thoriq Ketua Panitia Pestanas 2019 adalah Thoriq   

PONTIANAK - Himpunan mahasiswa statistika (Himasta) gelar Statistic Competition (Stacom) pada 21 September 2019.

Stacom ini merupakan Kompetisi bidang studi statistika antar pelajar SMA/SMK/MA se-kota Pontianak.

Pelajar yang berkompetisi terdiri atas tim dengan 3 orang anggota disetiap timnya.

Sebelumnya pada tanggal 14 September 2019, telah terlaksana Seminar Nasional sekaligus pembukaan rangkaian Pestanas 2019.

Menghadirkan pemateri dari PT Cartenz Technology Indonesia, BKKBN, dan Bank Indonesia, Seminar Nasional menghadirkan 163 peserta dan mendapatkan pujian dari berbagai pihak karena berbasis Lingkungan dan Budaya.

Mengusung tema “Wujudkan Generasi Aspiratif dan Inovatif yang Menginspirasi” dengan jumlah peserta sebanyak 21 tim.

Stacom ini memiliki dua tahap, ditahap pertama peserta harus mengisi soal isian berganda sebanyak 60 soal dan 5 tim terbaik akan lanjut ke tahap kedua dan mengerjakan soal analisis serta mempresentasikannya.

Stacom ini dihadiri oleh Sari Maryani dari pihak Badan Statistika Nasional (BPS). BPS merupakan pihak yang memberikan piala bergilir Stacom untuk sekolah yang memjuarai kompetisi ini.

“Kami dari SMK jadi pelajarannya agak sedikit berbeda dengan soal  Stacom yang berstandar pelajaran SMA, walaupun kami juga mempelajarinya tapi tidak seperti anak SMA” ujar Nabila Siswi SMK Kesehatan Bina Dharma.

Untuk persiapan sudah satu bulan, dalam satu minggu mereka ikut les dua kali dan minggu terakhir full les khusus untuk Stacom in.

“Untuk persiapan saya jadwalkan 10 kali pertemuan ditambah 4 kali pertemuan ketika mereka libur. Untuk materinya saya mengambil dari soal UN, sebagai latihan juga bagi mereka. Acaranya bagus tapi sayangnya kami tidak menyaksikan langsung pengerjaan soal tapi hal ini bisa dimaklumi karena pengerjaan soal harus dalam konsentrasi penuh,” ujar Magdalena Saliana Ica guru SMK Kesehatan Bina Dharma.

Rangkaian kegiatan Pestanas 2019 tidak berhenti pada Stacom, masih ada Irisan, Batik, Pesta Rakyat,serta Closing Ceremony. (*)

Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved