Data Penderita ISPA di Kalbar Meningkat, Sambas Saat Ini Tertinggi

Sejauh ini ia katakan belum menerima data dari kabupaten kota yang meninggal terkait kasus ISPA yang disebabkan oleh asap.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison. 

Data Penderita ISPA di Kalbar Meningkat, Sambas Saat Ini Tertinggi

PONTIANAK- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrison mengatakan data pemderita ISPA Di Kalbar pada minggu ke 38 berjumlah 9458 kasus meningkat dari minggu sebelumnya yang hanya sebesar 6025 kasus.

Ia mengatakan karena menurut BMKG dari tanggal 22 september sudah musim hujan.

"Saya berharap dengan musim hujan ini agar nanti asap berkurang sehingga kedepan berharap kasus ISPA Ddi 14 Kabupaten kota di Kalbar juga menurun.

Baca: Jones: Hingga 20 September 2019, Tercatat 634 Kasus ISPA di Kabupaten Sanggau

Baca: VIDEO: Jamiril Sebut Ada 681 Orang Terserang ISPA di Kabupaten Mempawah

"Jadi kalau menurut laporan yang kami terima penderita ISPA tertinggi di kabupaten Sambas berjumlah 1398 kasus, Kabupaten Ketapang 1296 Kasus dan di Kota Pontianak 1198 kasus," ujarnya.

Sejauh ini ia katakan belum menerima data dari kabupaten kota yang meninggal terkait kasus ISPA yang disebabkan oleh asap.

"Kalau pun ada pasien meninggal biasanya kasus yang lebih berat dari ISPA.Kalau memang telat mengobati ISPA di biarkan bisa menjadi Pnemonia kalau tidak di obati bisa fatal," ujarnya.

Ia mengatakan kalau musim penghujan biasanya sudah beralih ke penyakit lain seperti demam berdarah , menurut perhitungan statistik pada tahun 2019 akan terjadi lonjakan kasus demam berdarah.

"Saya harapkan masyarakat waspada melakukan 3M," ujarnya.

Terkait ISPA, sejauh ini dari Dinkes Kalbar jug sudah menyediakan rumah oksigen untuk layanan kesehatan di RS dan puskesmas dan sudah diberikan surat edaran oleh gubernur untuk siaga melayani masyarakat. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved