Iuran Rutinku Bermanfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang lain

Ibu 3 anak ini berbagi cerita mengenai pengalamannya pada saat sebelum dan setelah menjadi peserta program JKN-KIS.

Iuran Rutinku Bermanfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang lain
TRIBUNPONTIANAK/Marpina Sindika Wulandari
Emilia peserta PBPU 

Iuran Rutinku Bermanfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang lain

SINTANG- Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki Jaminan Kesehatan program JKN-KIS, hingga saat ini lebih dari 221 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah tegabung dan merasakan manfaat dari program JKN-KIS.

Salah satunya Emilia (41), seorang ibu rumah tangga yang merupakan warga Jalan Merdeka Selatan Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Sejak 3 (tiga) tahun silam, dirinya dan keluarga telah menjadi peserta JKN-KIS dengan segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU/Mandiri) dengan hak perawatan kelas III dengan rutin membayarkan iuran setiap bulannya.

Pada saat ditemui dikediamannya, Ibu 3 anak ini berbagi cerita mengenai pengalamannya pada saat sebelum dan setelah menjadi peserta program JKN-KIS.

Baca: Cara Mengganti Data Nomor Handphone BPJSTKU Mobile, Ikuti Langkah Berikut

Baca: Kejaksaan Negeri Sintang Keluarkan Surat Edaran Imbauan Bayar Iuran BPJS Kesehatan

“Saya memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi (Hipertensi), sebelum saya menjadi peserta JKN sudah tak terhitung biaya yang saya keluarkan untuk biaya pengobatan yang dijalani. Namun kenyataan berbalik 180° pada saat saya menjadi peserta JKN-KIS. Saya merasa senang dan fikiran menjadi tenang karena selama kepemilikan saya mendapati seluruh biaya pengobatan dijamin. Jadi efeknya secara tidak langsung penyakit saya jadi jarang kambuh dan saya dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal.” ungkap Emi biasa disapa.

Tak berhenti sampai disitu, Emi juga menjelaskan bahwa sistem gotong royong yang diterapkan BPJS Kesehatan menyadarkannya akan hal penting yang dapat sangat bermanfaat bagi kebutuhan diri sendiri dan orang banyak.

“Saya sadar bahwa iuran yang saya bayarkan tiap bulannya tidak akan cukup untuk membiayai pengobatan saya, tapi bersyukur dengan adaya gotong royong iuran peserta yang diterapkan BPJS Kesehatan sehingga dapat membantu saya selama ini. Sama halnya seperti saya, walaupun saya telah sehat saat ini tetap akan terus rutin membayar iuran karena pasti sangat bermanfaat bagi peserta lain yang membutuhkan.” tuturnya

Satu dari sekian banyak ungkapan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan manfaat kepemilikannya, tak hanya dari segi biaya dan pelayanan juga turut menyadarkan masyarakat akan makna bergotong royong dalam membantu sesama yang membutuhkan. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved