Prihatin Kondisi Udara Kalbar, MUI Kalbar Gelar Salat Istisqa di Halaman Masjid Raya Mujahidin

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Yayasan Mujahidin Kalbar beserta Baznas Kalbar

Prihatin Kondisi Udara Kalbar, MUI Kalbar Gelar Salat Istisqa di Halaman Masjid Raya Mujahidin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUZAMMILUL ABRORI
Suasana salat istisqa bersama di Halaman Masjid Masjid Raya Mujahidin kota Pontianak, pada Sabtu (21/9/2019) pagi. 

Prihatin Kondisi Udara Kalbar Berbahaya, MUI Kalbar Gelar Salat Istisqa di Halaman Masjid Raya Mujahidin

PONTIANAK - Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Yayasan Mujahidin Kalbar beserta Baznas Kalbar, menyelenggarakan Salat Istisqa bersama, yang diadakan di Halaman Masjid Raya Mujahidin kota Pontianak, pada Sabtu (21/9/2019) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MUI Kalbar Drs. H. Basri Har menjelaskan, diadakannya salat istisqa ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat Kalbar, khususnya kota Pontianak untuk berikhtiar kepada Allah SWT.

"Seperti yang diketahui, sudah lama tidak adanya turun hujan, sehingga kabut asap yang semakin pekat dan tebal. Maka kita dari MUI Kalbar bekerjasama dengan Yayasan Mujahidin Kalbar serta Baznas Kalbar, mengadakan salat istisqa bersama, sebagai bentuk kita berikhtiar kepada Allah SWT," jelas Drs. H. Basri Har saat diwawancarai Tribun.

Kemudian dikatakannya, alhamdulillah antusias warga yang cukup besar, sehingga kita bisa melaksanakan salat istisqa bersama ini. Dan  mudah-mudahan setelah diadakannya salat istisqa, dan doa bersama ini, Allah SWT bisa menurunkan rahmatnya kepada kita semua. 

Baca: Ustadz Abdul Somad Tak Mau Salat Istisqa (Solat Minta Hujan), Ternyata Ini Alasan UAS Sesungguhnya

Baca: FOTO: Kondisi Udara Tidak Sehat Akibat Kabut Asap, MUI Gelar Salat Istisqa Bersama Masyarakat

Baca: Siswa-siswi SMA Muhammadiyah Sambas Gelar Salat Istisqa

"Walaupun dan sebenarnya ini ada campur tangan ulah dari manusia juga kan, seperti membakar hutan dan lahan. Sehingga momen seperti ini yang sudah lama tidak hujan, dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," terangnya.

Lalu ia menyampaikan bahwa, sebagai umat muslim perbanyaklah istighfar, dan bertaubat. Karena ini mungkin satu diantara ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

"Dengan ujian yang diberikan oleh Allah SWT saat ini kepada kita, semoga bisa lebih menyadarkan masyarakat lagi," katanya.

Kemudian hal tersebut juga disampaikan, oleh khatib Syaifuddin Zuhri bahwa saat ini masyarakat khususnya kalbar, sedang di uji oleh Allah SWT, dengan musim kemarau dan kekeringan. 

"Maka dari itu hamba Allah yakin, dengan istighfar berulang-ulang, dan apalagi ditambah dengan dikuatkan salat istisqa yang berulang-ulang sejak kemarin. Yakin Husnudzan (berbaik sangka) dengan Allah SWT, tidak lama lagi hujan lebat, bermanfaat, dan berkah," dikatakannya saat menyampaikan khutbah.

Maka dari itu dikatakan khatib Syaifuddin Zuhri, sekaligus Ketua Majelis Fatwa MUI Kalbar, mengajak seluruh masyarakat untuk bertaubat massal, beristighfar massal. 

"Mengaku atas perbuatan sengaja ataupun tidak, memperbaiki diri, memperbanyak istighfar, mengisi sisa hidup ini dengan amal shaleh, dan nilai-nilai ketaqwaan. Sehingga dengan demikian, semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepada kita semua. Agar dikirim dan menurunkan hujan kepada kita," tuturnya.

 Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak


Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved