Penderita ISPA di Kubu Raya Meningkat Tiap Hari Akibat Kabut Asap, Sudah Nyaris Seribu Orang

Jika dibandingkan pekan pertama bulan Agustus di mana terdapat 352 kasus ISPA, Mahyudin menilai terjadi peningkatan cukup signifikan.

Penderita ISPA di Kubu Raya Meningkat Tiap Hari Akibat Kabut Asap, Sudah Nyaris Seribu Orang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Pegawai Dinas Kesehatan Kubu Raya saat membagikan ribuan masker di enam lokasi di Kecamatan Sungai Raya, Senin (19/6). Diantaranya, simpang empat Polda Kalbar, simpang empat Asrama Gatot, areal Tugu Dirgantara Nusantara Lanud Supadio, simpang empat Pondok Indah Lestari, simpang empat Desa Kapur, dan di Jalan Arteri Supadio 

Penderita ISPA di Kubu Raya Meningkat Tiap Hari Akibat Kabut Asap, Sudah Nyaris Seribu Orang

KUBU RAYA - Bencana kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat termasuk Kabupaten Kubu Raya berakibat meningkatnya jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Mahyudin mengatakan, hingga pekan pertama September 2019 terdapat 983 penderita ISPA yang tersebar di 20 puskesmas di sembilan kecamatan.

Ia menyebut jumlah penderita ISPA meningkat setiap harinya.

“Selain Puskesmas Sungai Durian dengan 22 kasus, jumlah kasus ISPA terbanyak berada di Puskesmas Rasau Jaya Kecamatan Rasau Jaya dengan 156 kasus,” ujarnya Senin (16/9/2019). 

Baca: Bentuk Masyarakat Desa Islami di Kubu Raya Via BIDESI, Pemuda Mujahidin Kalbar Tebar Alquran & Iqro

Baca: Sutarmidji Larang Bupati Ketapang, Kayong Utara dan Kubu Raya Keluar Daerah, Ini Pemicunya

Jika dibandingkan pekan pertama bulan Agustus di mana terdapat 352 kasus ISPA, Mahyudin menilai terjadi peningkatan cukup signifikan.

Menyikapi hal tersebut, ia mengungkapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya telah membagikan sedikitnya 5 ribu masker di enam titik di Kecamatan Sungai Raya dan sejumlah puskesmas.

“Untuk menekan kasus ISPA ini, pagi ini kita telah membagikan ribuan masker di enam lokasi di Kecamatan Sungai Raya. Yakni di simpang empat Polda Kalbar, simpang empat Asrama Gatot, areal Tugu Dirgantara Nusantara Lanud Supadio, simpang empat Pondok Indah Lestari, simpang empat Desa Kapur, dan di Jalan Arteri Supadio,” terangnya. 

Terkait meningkatnya penderita ISPA dalam kurun sebulan terakhir, Mahyudin berpesan agar hal itu menjadi perhatian semua pihak.

Baca: Pemkab Kubu Raya Gelar Rakor Pengendalian Karhutla

Baca: PMII Kubu Raya Bagikan Masker Gratis dan Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak berada di luar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. 

"Perbanyak minum air putih, jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, dan jika memang harus keluar pergunakan masker agar udara yang saat ini tercampur dengan partiket kabut asap akan tersaring oleh masker,” pesannya.

Update berita pilihantribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved