Dinkes Kalbar Ungkap Beberapa Penyakit yang Bisa Menyerang Karena Kondisi Udara Tidak Sehat

Ia menghimbau untuk para orang tia agar membatasi aktivitas anak di luar rumah dan belajarlah di rumah, serta banyak minum air puti dan makan sayur.

Dinkes Kalbar Ungkap Beberapa Penyakit yang Bisa Menyerang Karena Kondisi Udara Tidak Sehat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison. 

Dinkes Kalbar Ungkap Beberapa Penyakit yang Bisa Menyerang Karena Kondisi Udara Tidak Sehat

PONTIANAK- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrison mengatakan bahwa dirinya mendukung dan merekomendasikan untuk pihak Dinas Pendidikan meliburkan anak sekolah karena ISPU sudah tidak sehat.

"Jadi sebaiknya kita mengurangi aktivitas diluar rumah dan olahraga juga tidak di lakukan sebaiknya dirumah saja. Anak -anak sekolah jangan pula diliburkan malah main diluar rumah ," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun, minggu (15/9/2019).

Ia menghimbau untuk para orang tia agar membatasi aktivitas anak di luar rumah dan belajarlah di rumah, serta banyaklah minum air putih, makan sayur dan buah.

Ia menambahkan upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari bencana yaitu hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah terutama bagi penderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan, gunakan masker.

Baca: Prihatin Bencana Asap, Sako LP Maarif  NU Kalbar Bagikan Masker 

Baca: Dibalik Bencana Asap, Sutarmidji Ungkap Perbuatan Tak Terpuji Pemkab Lindungi Pemilik Kebun

"Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, berkonsultasi pada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi," ujarnya.

Selain itu selalu lakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti jangan merokok, makan bergizi , dan istirahat yang cukup, serta penamlungan air dan minum harus terlindung dengan baik.

"Kondisi udara seperti ini rentan terkena ISPA kemudian yang ada alergi asap bisa kena asma kalau yang ada riwayat asmanya," ujarnya.

Ia mengatakan ISPA jika dibiarkan infeksi bisa menjadi Pneumonia.

"Kedepannya kalau masyarakat sering menghirup asap usia tuanya bisa kena penyakit paru kronis dan sesak nafas ," ujarnya.

Berkaitan dengan kondisi ini Diskes Provinsi Kalbar besok akan berkunjung ke beberapa poli klinik untuk membagikan masker dan memberikan pemberian makanan tambahan dalam rangka peduli asap .

Ia mengatakan masalah kesehatan akibat kabut asap bisa saja terjadi seperti infeksi saluran pernafasan atas, asma, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit jantung, iritasi. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved