Fakta-fakta Tentang Harvest Moon, Bulan Purnama Langka yang Hanya Akan Terlihat Kembali 2049

Harvest Moon, fenomena bulan purnama langka yang diprediksi terjadi lagi di 2049 mendatang, bisa disaksikan di Indonesia pada 14 September 2019.

Fakta-fakta Tentang Harvest Moon, Bulan Purnama Langka yang Hanya Akan Terlihat Kembali 2049
GETTY IMAGES
Harvest Moon, fenomena bulan purnama langka yang diprediksi terjadi lagi di 2049 mendatang, bisa disaksikan di Indonesia pada 14 September 2019. 

Fakta-fakta Tentang Harvest Moon, Bulan Purnama Langka yang Hanya Akan Terlihat Kembali 2049

HARVEST MOON - Tahun ini, Harvest Moon yang langka muncul pada malam Jumat, 13 September dan 14 September mencapai puncaknya pada pukul 12.33 AM EDT pada tanggal 14 September.

Harvest Moon awal pada tahun 2019, akan muncul pada 13 dan 14 September untuk Belahan Bumi Utara.

Harvest Moon, fenomena bulan purnama langka yang diprediksi terjadi lagi di 2049 mendatang, bisa disaksikan di Indonesia pada 14 September 2019.

Di negara-negara dengan zona waktu Pasifik, Mountani dan Central, bulan akan tampak penuh pada, Jumat (13/9/2019) malam. Namun untuk negara-negara dengan zona waktu timur seperti Indonesia, purnama harvest moon baru akan tampak di, Sabtu (14/9/2019) malam WIB.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Harvest Moon Bulan Purnama Langka di Bandung Jam 18.37! Cek Waktu di 26 Kota Lain

Baca: Fenomena Alam Harvest Moon Muncul Malam Ini, Ternyata Istilah Harvest Moon Ada Lho di Dunia Game

Baca: Siap-siap, Bulan Purnama Langka Harvest Moon Malam Ini di Langit Indonesia

Satu hal yang membedakan Harvest Moon dari nama bulan purnama lainnya adalah bahwa itu tidak terkait dengan bulan tertentu, seperti yang lainnya.

Sebaliknya, Harvest Moon berhubungan dengan waktu equinox musim gugur (22 atau 23 September), dengan bulan purnama yang terjadi paling dekat dengan equinox menjadi yang mengambil nama "Harvest Moon."

Ini berarti bahwa Harvest Moon dapat terjadi pada bulan September atau Oktober, tergantung pada bagaimana siklus bulan berbaris dengan kalender Gregorian.

Harvest Moon memang terjadi pada bulan September, menggantikan Full Corn Moon. Namun, kadang-kadang mendarat di bulan Oktober sebagai gantinya, menggantikan Full Hunter’s Moon.

Berikut fakta-fakta Harvest Moon yang perlu kamu ketahui dilansir dari almanac.com:

Halaman
1234
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved