Pemda Kapuas Hulu Sosialisasi Pembinaan Keluarga Sadar Hukum

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu H. Sarbani membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum

Pemda Kapuas Hulu Sosialisasi Pembinaan Keluarga Sadar Hukum
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Acara kegiatan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum, di Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Jumat (13/9/2019). Dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H Sarbani. 

Pemda Kapuas Hulu Sosialisasi Pembinaan Keluarga Sadar Hukum

KAPUAS HULU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu H. Sarbani membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum, di Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Jumat (13/9/2019).

Sarbani menyatakan, penyuluhan hukum merupakan salah satu kegiatan penyebaran informasi guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang norma hukum dan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Tujuannya guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat, sehingga anggota masyarakat menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, demi tegaknya supermasi hukum,” ujarnya.

Pj Sekda menuturkan, untuk memberi pemahaman dan kesadaran hukum kepada masyarakat bukanlah suatu pekerjaan mudah, apalagi untuk mengubah sikap dan perilaku mereka yang sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku. "Masyarakat kita saat ini semakin kritis, jeli dan memiliki kepekaan yang tinggi tentang masalah-masalah hukum,” ucapnya.

Baca: Warga yang Serahkan Senjata Api Ilegal Itu Sadar Hukum‎

Baca: Perempuan Harus Sadar Hukum Agar Tidak Jadi Korban Kekerasan

Baca: 14 Desa Binaan Sadar Hukum, Wakil Bupati Berharap Supremasi Hukum Ditaati

Menurutnya, patut juga disadari bahwa sikap kritis tersebut terkadang tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang utuh tentang hal – hal yang berkaitan dengan hukum secara teoritis, maupun dalam aplikasinya.

“Oleh sebab itu pembentukan dan pembinaan desa sadar hukum dapat menjadi salah satu solusi yang mampu memecahkan persoalan – persoalan hukum yang dihadapi masyarakat, terutama mereka yang berada pada kategori masyarakat yang kurang memahmi hukum dan sering kali terabaikan,” ungkapnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved