Tim Surveior Akreditasi Puskesmas Lakukan Penilaian Akreditasi di Puskesmas Empanang

Penilaian akreditasi Puskesmas merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar mutu atau kualitas pelayanan dapat diintegrasikan.

Tim Surveior Akreditasi Puskesmas Lakukan Penilaian Akreditasi di Puskesmas Empanang
TRIBUNPONTIANAK/Sahirul Hakim
Tim Surveior Akreditasi Puskesmas saat melakukan melakukan penilaian akreditasi pada Puskesmas Kecamatan Empanang beberapa waktu lalu. 

Tim Surveior Akreditasi Puskesmas Lakukan Penilaian Akreditasi di Puskesmas Empanang

KAPUAS HULU - Tim Surveior Akreditasi Puskesmas melakukan telah melakukan penilaian akreditasi pada Puskesmas Kecamatan Empanang beberapa waktu lalu.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto menyatakan peningkatan layanan kepada masyarakat oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terus dilakukan dengan berbagai upaya.

"Seperti peningkatan mutu dan kinerja, dengan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan lainnya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/9/2019).

Ade menjelaskan, salah satunya dituangkan melalui kegiatan Akreditasi yang merupakan pengakuan dari lembaga independen penyelenggara akreditasi, yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar akreditasi.

Baca: Atbah Harap Tim Surveior Berikan Penilaian Seobjektif Mungkin Pada RSUD Pemangkat

Baca: Musim Kemarau, Warga Kecamatan Empanang Kesulitan Air Bersih

"Disamping itu, akreditasi memiliki tujuan yang sangat baik, yaitu untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan FKTP, agar tercipta kepuasan masyarakat yang meliputi adanya pemenuhan terhadap sarana, prasarana, alat kesehatan, sumber daya manusia dan obat-obatan," ucapnya.

Kemudian, Ade menilai bahwa penilaian akreditasi Puskesmas merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar mutu atau kualitas pelayanan dapat diintegrasikan dan dibudayakan dalam sistem pelayanan di Puskesmas.

“Selain itu, penilaian Akreditasi dapat memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, yang kemudian akan ditetapkan strata akreditasi Puskesmas yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan, sehingga pada akhirnya diharapkan terbina Puskesmas dengan sistem pelayanan, mutu dan kinerja yang baik,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sangat mendukung pelaksanaan Penilaian Akreditasi Puskesmas, untuk itu, melalui Dinas Kesehatan. "Kabupaten Kapuas Hulu berupaya agar pelaksanaan Penilaian Akreditasi Puskesmas dapat dilakukan di seluruh Puskesmas yang ada di Bumi Uncak Kapuas itu," ungkapnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved