TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: RSUD Temenggung Gergaji,Rumah Sakit Pertama di Perbatasan

RSUD Temenggung Gergaji Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, merupkan rumah sakit pertama di kawasan perbatasan

TRIBUNWIKI: RSUD Temenggung Gergaji,Rumah Sakit Pertama di Perbatasan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HENDRI CHORNELIUS
Penampakan bangunan RSUD Temenggung Gergaji Balai Karangan di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, yang diresmikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Kamis (5/9/2019). 

TRIBUNWIKI: RSUD Temenggung Gergaji, Rumah Sakit Pertama di Perbatasan

SANGGAU - RSUD Temenggung Gergaji Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, merupkan rumah sakit pertama di kawasan perbatasan.

Baru-baru ini, RSUD Temenggung Gergaji Balai Karangan yang terletak di Kecamatan Sekayam itu, diresmikan langsung Bupati Sanggau, Paolus Hadi. RSUD Temenggung Gergaji Balai Karangan merupakan rumah sakit tipe D.

Pembangunan rumah sakit tersebut menelan anggaran sekitar Rp 45 Milyar yang meliputi pengadaan atau perlengkapan alat kesehatanya termasuk ambulans, genset yang 24 jam nonstop Rp 18 Milyar. Dan untuk pembangunan rumah sakit Temenggung Gergaji ini kurang lebih Rp 26 milyar.

Baca: FOTO: Listrik Padam di Rumah Sakit Mitra Medika Pontianak

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyambut baik penamaan Rumah Sakit dengan nama tokoh pejuang Kecamatan Sekayam yakni Temenggung Gergaji. Dikatakanya, Temenggung Gergaji adalah tokoh yang paling berjasa atas penjajahan yang dilakukan Brunai Darussalam waktu itu. "Penetapan Rumah Sakit, berdasarkan SK Bupati nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan, pembentukan dan susunan Rumah Sakit kelas D Temenggung Gergaji, "jelasnya, Kamis (5/9/2019).

Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu juga menyebut Saat ini Kabupaten Sanggau memiliki dua rumah sakit daerah. Yang pertama rumah sakit daerah M Th Djaman Sanggau dan yang kedua rumah sakit daerah Temenggung Gergaji.

"Rumah Sakit M Th Djaman ini statusnya masih kelas C, mau kita naikan ke B, hampir saja turun klas menjadi klas D. Karena kita belum memiliki spesialis anasthesi. Puji Tuhan kita bisa bekerjasama dengan Rumah Sakit Landak sehingga kita masih bisa bertahan. Kedua rumah sakit daerah Temenggung Gergaji, Rumah sakit ini klasnya masih D, kedepan akan kita tingkatkan,"ujarnya. 

Baca: Atbah Minta BPN Terbitkan Sertifikat Seusai RDTR di Wilayah Perbatasan Sambas

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved